Developing English Reading Materials of MKU Bahasa Inggris for Early Childhood Education Study Program in Universitas Negeri Jakarta

ICHSAN DHANI WIBOWO, . (2017) Developing English Reading Materials of MKU Bahasa Inggris for Early Childhood Education Study Program in Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lengkap_Ichsan Dhani W.pdf

Download (12MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis materi ajar membaca yang ada didalam buku teks MKU Bahasa Inggris dan mengembangkan materi membaca yang disarankan supaya relevan dengan mahasiswa Pendidikan Usia Dini. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode penelitian berbasis desain. wawancara dan analisis dokumen digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Data yang dilibatkan dalam penelitian ini terdiri: hasil wawancara mahasiswa Pendidikan Usia Dini, tujuan yang dijelaskan dalam buku latihan MKU Bahasa Inggris, tujuan dari materi yang dipaparkan dalam buku latihan MKU Bahasa Inggris, dan teks materi membaca bahasa Inggris yang tertera dalam buku latihan MKU Bahasa Inggris. Analisa dokumen hanya menggunakan instrumen yang digunakan dalam studi tersebut. Berdasarkan analisa dalam studi tersebut, ditemukan adanya ketidaksesuaian yang signifikan antara tujuan yang dinyatakan dalam buku latihan MKU Bahasa Inggris untuk mahasiswa Pendidikan Usia Dini dengan materi membaca Bahasa Inggris yang disediakan dalam buku MKU Bahasa Inggris untuk mereka dimana isi dalam materi membaca Bahasa Inggris tidak berkaitan dengan karakteristik dari Pendidikan Usia Dini. Dengan demikian, hasil dari studi tersebut adalah menyediakan materi membaca Bahasa Inggris yang disarankan dan sesuai dengan jurusan Pendidikan Usia Dini dan tujuan dari MKU Bahasa Inggris. The study is aimed to analyze the existing of English reading materials provided in MKU Bahasa Inggris course book and develop suggested reading material in order to be relevant for Early Childhood Education students’ needs in Universitas Negeri Jakarta. The research method in this study used Design-Based research. Interview and document analysis used as the instruments in the study. The data of this study involved: interview of Early Childhood Education Students results, objectives stated in MKU Bahasa Inggris course outline, the objectives of materials stated in MKU Bahasa Inggris course book, and English reading text materials presented in MKU Bahasa Inggris course book. Based on the analysis of the study, there is a significant irrelevance between the stated objectives of MKU Bahasa Inggris for Early Childhood Education students with the English reading materials provided in MKU Bahasa Inggris course book for them in which the content of the English reading materials is unrelated to a nature of Early Childhood Education. Thus, the result of the study was providing suggested developed English reading materials that are relevant to Early Childhood Education major and the stated objectives of MKU Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ratna Dewanti, M. Pd., 2) Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 05:13
Last Modified: 26 May 2022 05:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29090

Actions (login required)

View Item View Item