PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASSYAFI’IYAH 04 BEKASI

MUHAMMAD SAFE’I, . (2017) PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASSYAFI’IYAH 04 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Muhammad Safe'i.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMP Assyafi’iyah bekasi pada bulan Maret�April 2017 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab dengan metode (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas. Populasi penelitian ini adalah siswi SMP Assyafi’iyah bekasi . Pengukuran hasil peningkatan keterampilan berbicara dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes dalam bentuk lisan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Penelitian Tindak Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis &Robin Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siklus I adalah 74,57, pada siklus II nilai rata-rata peningkatan keterampilan berbicara siswi kelas VII SMP Assyafi’iyah bekasi meningkat menjadi 84,92. Implikasi hasil penelitian menggunakan metode bermain peran yang diterapkan dalam peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab pada ujian peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I mencapai rata-rata nilai 74,57, nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan,karena para siswi belum beradaptasi dan belum terbiasa dengan metode ini. Dan pada siklus II peneliti melaksanakan proses pembelajaran keterampilan berbicara dengan langkah�langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang membedakan adalah peneliti memberikan pertanyaan secara lisan, sehingga siswa tidak merasakan kebosanan, dan terpecahnya konsentrasi mereka. Dan pertanyaan-pertanyaan inilah yang menjadikan siswa mampu untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 85 atau indikator pencapaian berhasil diraih, 38 siswa mencapai hasil ujian di atas 75 sehingga 84,92 % dari jumlah siswa mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan bebricara bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP SMP Assyafi’iyah bekasi Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode (STAD) dapat meningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Assyafi’iyah bekasi. Dengan demikian metode (STAD) ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran keterampilan berbicara sehingga siswi menjadi senang dan lebih terampil dalam berbicara bahasa Arab. The research was carried out in bekasi Assyafi'iyah JUNIOR HIGH SCHOOL in March-April 2017 with the purpose of the research was to see an increase in the skills of speaking Arabic with methods (STAD). The research method used is the follow-up research class. The population of this research is the JUNIOR HIGH schoolgirl Assyafi'iyah bekasi. Measurement results increased speaking skills at the end of the research activities by giving tests in oral form in answering the questions posed by the teacher. This class is a follow up research was carried out using model cycle of Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. This class is a follow up study done through four stages, namely the planning stages, action, observation, and reflection. The results obtained in each cycle are: i. cycle average value increased Arabic speaking skills on a cycle I was 74.57, cycle II average improvement of Class VII students speaking skills JUNIOR Assyafi'iyah bekasi increased to 84.92. The implications of the results of research using the method of playing the role that applied in the improvement of the skills of speaking Arabic on exam skills speaking on cycle I achieve an average value of 74.57, this value has not been achieved It is expected, since the students have yet to adapt and not used with this method. And in cycle II researchers carry out the process of learning speaking skills with the steps that have been implemented on a cycle I the difference is giving researchers the questions orally, so students do not feel boredom, and splitting their concentration. And it is these questions that make students capable to improve the skills of spoken Arabic. Then the average exam results cycle II reached indicator of achievement or 85 successfully achieved, 38 students achieve exam results in over 75% of 84.92 so that students achieve the expected results. These results suggest that an increase in the skills of bebricara Arabic on a grade VIII JUNIOR HIGH SCHOOL SMP Assyafi'iyah bekasi Based on the results of the research note that the method (STAD) can improve the Arabic speaking skills students of class VIII JUNIOR Assyafi'iyah bekasi. Thus methods (STAD) can be used as one of the methods in learning speaking skills so that students become excited and more skilled in spoken Arabic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmas Murodi, M.A 2) Siti Jubaidah, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 05:49
Last Modified: 26 May 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29102

Actions (login required)

View Item View Item