MOCH. RIVA VALAGUNA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH ENERGI ALTERNATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa pada materi energi alternatif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Media pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif penting dilakukan untuk membantu proses belajar siswa, sehingga siswa lebih tertarik untuk membaca suatu materi pelajaran dan lebih mudah memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk media cetak berupa majalah pelajaran yang membahas tentang energi alternatif dengan sasaran penelitian siswa Sekolah Dasar kelas 4. Metode yang digunakan dalam pembuatan majalah adalah Research and Development karena mampu mengatasi kebutuhan nyata melalui pengembangan solusi pada suatu masalah dan dapat menghasilkan produk yang memiliki validitas tinggi karena sudah melalui proses uji validasi oleh tim ahli dan uji coba lapangan. Majalah sudah di validasi oleh 1 ahli media dengan persentase 100%, 1 ahli materi dengan persentase 100%, 5 responden skala kecil dengan persentase 95% dan 30 responden skala besar dengan persentase 97,71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran majalah energi alternatif secara keseluruhan mendapatkan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan untuk siswa Sekolah Dasar kelas 4 karena siswa mampu memahami dengan baik materi yang ada pada majalah energi alternatif. Lack of understanding students to the matter alternative energy in the lessons of natural science in primary school .Media learning more innovative and creative important to the student learning , so students will be interested in reading of a subject and easier to understand the subject.The purpose of this research is to produce learning media in the form of print of magazine lessons talking about alternative energy research targeting primary school student class 4 .Methods used in making development for to cope with the real needs by developing a solution problem and magazine is research and making product with high validity through the process of validation by a team of experts and trial field .Magazine already got validation by 1 media expert with the 100 %, 1 expert subject with 100% percentage, 5 respondents in small scale with the percentage of 95 percent of and 30 respondents in large scale with the percentage 97,71 % .Based on research results can be drawn the conclusion that learning media magazine alternative energy overall getting criteria very good and very worthy used for primary school student grade 4 because students can understand with good existing material on magazine alternative energy .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prasetyo Wibowo, M.Eng. 2) Djaohar, M.Sc |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 May 2022 08:07 |
Last Modified: | 26 May 2022 08:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29123 |
Actions (login required)
View Item |