PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DIREKSI DI SANGGAR DAN STUDIO MUSICASA

IRA NOVITA, . (2017) PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DIREKSI DI SANGGAR DAN STUDIO MUSICASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Ira Novita.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran direksi di Sanggar dan Studio Musicasa ditinjau dari tujuan, materi, metode, proses, media, guru, peserta didik, dan evaluasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh untuk menyelesaikan hasil penelitian adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data sebagai pengecekan data yang membuat penelitian menjadi sah dan valid. Waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Desember 2016. Tempat pelaksanaan penelitian yaitu di Sanggar dan Studio Musicasa, yang beralamatkan Kompleks Duta Merlin F-7, Jakarta Pusat Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran terdiri dari kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Tujuan pembelajaran diarahkan kepada kegiatan praktikum di mana peserta didik tidak hanya belajar dengan asisten piano, namun berhadapan langsung dengan pemain orkestra. Materi yang digunakan adalah lagu-lagu pendek klasik dengan beberapa bagian yang bertemakan Perancis. Guru membuat suasana pembelajaran menyenangkan dan nyaman serta sangat mengayomi peserta didik. Peserta didik memenuhi syarat untuk belajar direksi, yaitu menguasai alat musik yang cukup dalam serta turut aktif dalam pembelajaran. Media yang digunakan adalah partitur dan piano untuk pembelajaran, serta video untuk melihat dan mendengar lagu serta meninjau ulang kegiatan praktikum. Evaluasi terjadi secara lisan dan saat itu juga, di mana guru mengevaluasi gerak tubuh, posisi tubuh, gerakan tangan, serta ekspresi lainnya. Metode pembelajarannya merupakan metode umum seperti metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode demonstrasi The purpose of this study was to determine the implementation of learning directors in Studio and Studio Musicasa terms of objectives, materials, methods, processes, media, teachers, learners, and evaluation. The method used is descriptive qualitative research method.Data obtained to complete the study are observation, interviews, literature review, and documentation. The validity of the data obtained through the triangulation of data as checking data that makes research into legal and valid. The time and place of this research was conducted from April to December, 2016.Place of research is in the Studio and Studio Musicasa, addressed Duta Merlin Complex F-7, Central Jakarta The results of this study are learning consists of a warm-up activity, the core and the cover.The learning objectives are directed to the practicum where students not only learn the piano assistant, but face to face with the orchestra. The material used is a classic short songs with some parts of the theme of France. Teacher makes learning fun and comfortable atmosphere and very nurturing learners. Learners are eligible for the study directors, namely mastering a musical instrument that is quite deep and actively participate in learning. The medium used is sheet music and piano for learning, as well as video to see and hear the songs as well as reviewing lab activities. Evaluation occurs verbally and then also, where teachers evaluate gestures, posture, hand gestures, and other expressions. The learning method is a general method such as lectures, question and answer method, and the method of demonstration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Caecilia Hardiarini, M. Pd. 2) Drs. Edy Husni Rachim, M. Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 10:41
Last Modified: 26 May 2022 10:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29142

Actions (login required)

View Item View Item