PENGGUNAAN DEIKSIS PERSONA, RUANG, DAN WAKTU PADA RUBRIK “TAJUK RENCANA” DALAM KORAN REPUBLIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONES

IRMA RANI, . (2017) PENGGUNAAN DEIKSIS PERSONA, RUANG, DAN WAKTU PADA RUBRIK “TAJUK RENCANA” DALAM KORAN REPUBLIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONES. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Irma.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penggunaan deiksis persona, ruang, dan waktu pada rubrik “Tajuk Rencana” dalam koran Republika, berdasarkan proses, jenis, dan pola kemunculan. Selain itu, penelitian ini juga diimplikasikan pada pembelajaran bahasa untuk sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini tidak terikat tempat. Penelitian ini berlangsung antara Februari 2017 sampai dengan Juli 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan telaah analisis isi. Fokus penelitian ini pada penggunaan deiksis persona, ruang, dan waktu rubrik “Tajuk Rencana” koran Republika. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu oleh tabel analisis. Objek pada penelitian ini adalah rubrik “Tajuk Rencana” dalam koran Republika yang terbit pada edisi Januari 2017 sampai Mei 2017. Pengambilan objeknya dipilih dengan cara reduksi data. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi: 421 kalimat dari 11 rubrik yang diteliti, terdapat 233 data (55%) yang mengandung deiksis persona, ruang, dan waktu, sedangkan jumlah data yang tidak mengandung deiksis persona, ruang, dan waktu sejumlah 188 data (45%). Jumlah keseluruhan deiksis persona yang muncul sejumlah 317 data, terbagi atas 130 deiksis persona, deiksis ruang 151 deiksis, dan deiksis waktu 36 deiksis. Pada deiksis persona pertama T (Tunggal) 2 deiksis (0,48%), deiksis persona pertama J-In (Jamak-Inklusif) tidak ditemukan (0%), deiksis persona pertama J-Ek (Jamak-Eksklusif) 63 deiksis (15%), kemudian deiksis persona kedua T (Tunggal) tidak ditemukan (0%), deiksis persona kedua J (Jamak) tidak ditemukan (0%), selanjutnya deiksis persona ketiga T (Tunggal) 29 deiksis (7%), deiksis persona ketiga J (Jamak) 36 deiksis (8,5%). Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa deiksis ruang sangat mendominasi dibandingkan deiksis persona dan deiksis waktu. Kecenderungan deiksis ruang dalam rubrik “Tajuk Rencana” ini dapat terjadi karena deiksis ruang (tempat) adalah pemberian bentuk kepada lokasi ruang (tempat), dan salah satu fungsi dari “Tajuk Rencana” yakni isinya menyikapi situasi yang berkembang di masyarakat luas baik itu aspek sosial, politik, ekonomi, kebudayaan, hukum, pemerintahan, atau olah raga bahkan entertainment, tergantung jenis liputan medianya. Dengan demikian lokasi atau ruang dari suatu peristiwa yang terjadi, menjadi salah satu bagian terpenting dari isi sebuah “Tajuk Rencana”. Di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, deiksis persona, ruang, dan waktu dapat dijadikan sebuah pengembangan materi bagi guru agar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, terutama kompetensi menulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si., 2) N. Lia Marliana, M.Phil. (Ling).,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 10:47
Last Modified: 26 May 2022 10:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29143

Actions (login required)

View Item View Item