HASIL BELAJAR SENI TARI PADA MATERI EKSPLORASI DAN IMPROVISASI DI KELAS XI SMK DIPONEGORO 1 JAKARTA

MICHELIA CHAMPACA NADIMA SETYOPUTRI, . (2017) HASIL BELAJAR SENI TARI PADA MATERI EKSPLORASI DAN IMPROVISASI DI KELAS XI SMK DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MICHELIA CHAMPACA NADIMA SETYOPUTRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar seni tari di kelas XI pada materi eksplorasi dan improvisasi yang dibentuk menjadi dramatari yang bertema Ramayana. Latar belakang penelitian ini berisi informasi tentang pembelajaran seni tari di sekolah menengah kejuruan yang mayoritas laki-laki dengan jumlah 24 peserta didik laki-laki dan 1 peserta didik perempuan di kelas XI pada Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Diponegoro 1 Jakarta. Pada umumnya anak laki-laki memiliki kecenderung sifat keras dan tegas, oleh karena itu mereka memiliki keterbatasan dalam kemampuan mengolah tubuh khususnya menari. Dalam hal ini dengan pembelajaran seni tari pada materi eksplorasi dan improvisasi yang dibentuk menjadi dramatari di kelas XI Teknik Komputer Jaringan. Penelitian dilaksanakan pada SMK Diponegoro 1 Jakarta dari bulan September sampai bulan Desember 2016 dengan subyek penelitian ini terdiri dari seorang guru tari dan 25 peseta didik kelas XI Teknik Komputer Jaringan dalam pembelajaran seni tari melalui eksplorasi dan improvisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar seni tari peserta didik pada materi eksplorasi dan improvisasi yang menghasilkan jenis gerak, karakter gerak dan jenis dramatari yang sesuai dengan peserta didik khususnya laki-laki tentang program pembelajaran seni tari pada materi eksplorasi dan improvisasi melalui dramatari yang bertema Ramayana. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi, wawancara langsung, studi dokumen dan studi pustaka. Penelitian ini untuk menemukan hasil belajar seni tari pada materi eksplorasi dan improvisasi yang menggunakan teori belajar konstruktivistik lalu hasilnya di diagnosa melalui evaluasi. Dengan demikian hasil belajar seni tari pada materi eksplorasi dan improvisasi menghasilkan jenis gerak, karakter gerak, dan jenis dramatari yang sesuai untuk kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK Diponegoro 1 Jakarta. The purpose of this study is to find out the results of studying the art of dance in class XI on material exploration and improvisation that is formed into dramatari Ramayana recount. The background of this research contains the information on learning dance which the majority of students are boys with a number of 24 and one female in class XI at Computer Engineering Department at SMK Diponegoro 1 Jakarta. In general, the boys has hard-hitting nature, therefore they have a limited ability in the process of moving the body, especially in dancing. In this case, by learning the art of dance in action dance were developed through exploration and improvisation in class XI Computer Engineering. The research was conducted at SMK Diponegoro 1 Jakarta from September to December 2016 with the subjects are dance teacher and 25 students of class XI Computer Engineering in learning the art of dance through exploration and improvisation. The method of this research is descriptive qualitative. The data collection technique used in this research is to find the information of type of motion, type of character and type of description on male students in dance learning through exploration and improvisation into dramatari Ramayana recount. The collection of data is participatory observation, interviews, documents and literature studies. The result of this study on male students is to find the learning outcomes of dance on material exploration and improvisation using constructivist learning theory and the results in the diagnosis through evaluation. Thus the learning outcomes of dance on material exploration and improvisation produces kind of motion, character movement, and the type of dramatari appropriate for class XI Computer Engineering Department at SMK Diponegoro 1 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Deden Haerudin, S.Sn, M.Sn 2) Dra. Rahmida Setiawati., M.M
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 11:00
Last Modified: 26 May 2022 11:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

View Item View Item