MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERMAIN ROBOMATH PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS 4 SDLB (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 4 Jakarta)

Rifki Septiadi, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERMAIN ROBOMATH PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS 4 SDLB (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 4 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover depan.pdf

Download (224kB)
[img] Text
3. surat pengesahan.pdf

Download (286kB)
[img] Text
4. surat keaslian skripsi.pdf

Download (199kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
11a. BAB 1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dengan hasil 6-10 melalui metode bermain robomath pada peserta didik tunagrahita kelas 4 di SLB Negeri 4 Jakarta. Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Dilaksanakan dalam 10 kali pertemua yang terbagi ke dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain dengan robomath dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan penjumlahan dengan hasil 6-10 pada peserta didik tunagrahita. Skor rata-rata kemampuan matematika peserta didik pada tahap tes kemampuan awal tercatat sebesar 39%. Pada akhir siklus I, setelah diberikan tindakan menggunakan bermain robomath kemampuan matematika peserta didik meningkat menjadi 64%. Kemampuan matematika selanjutnya meningkat lagi menjadi 91% pada akhir siklus II. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa bermain robomath dapat membuat proses pembelajaran mudah, menyenangkan dan menumbuhkan percaya diri pada peserta didik tunagrahita. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa bermain robomath dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Wuryani, M.Pd 2) Dr. Asep Supena, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Jan 2020 14:43
Last Modified: 21 Jan 2020 14:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item