RIFQI PRADANA PANGESTU, . (2018) INTEGRASI KURIKULUM NASIONAL DAN KURIKULUM AL-AZHAR KAIRO MESIR DI SEKOLAH DASAR AZHARI ISLAMIC SCHOOL RASUNA JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA.pdf Download (679kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (476kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) |
|
Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (38kB) |
|
Text
15. BAB V PENUTUP.pdf Download (12kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
|
Text
12. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
Text
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
Text
14. BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi kurikulum Nasional dan kurikulum Al-Azhar Kairo Mesir di Sekolah Dasar Azhari Islamic School Rasuna Jakarta Selatan. Integrasi kurikulum difokuskan terkait dengan penentuan dasar filosofis kurikulum, proses pengembangan kurikulum, serta implementasi kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui proses wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan pada informan kunci yaitu Kepala Sekolah Dasar Azhari Islamic School Rasuna Jakarta Selatan, serta informan pendukung lainnya yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum Al-Azhar Kairo Mesir, dan Guru Mata Pelajaran Kurikulum Al-Azhar Kairo Mesir. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir dalah penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dasar filosofis kurikulum mencirikan filosofis esensialisme yang output peserta didiknya orientasikan kepada akhlak dan aqidahnya yang berpedoman kepada nilai-nilai dan norma agama Islam; (2) proses pengembangan kurikulum SD Azhari Islamic School dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu perencanaan kurikulum, penerapan kurikulum, dan evaluasi kurikulum yang berfokus kepada penentuan metode dan strategi pengintegrasian kurikulum terhadap faktor-faktor input pendidikan; (3) implementasi kurikulum SD Azhari Islamic School Rasuna Jakarta Selatan dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan implementasi, pelaksanaan implementasi, pengawasan implementasi, dan evaluasi implementasi kurikulum yang berfokus kepada program dan kegiatan integrasi kurikulum terhadap output pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd 2) Dr. Masduki, SH, MM |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 14:45 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 14:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2919 |
Actions (login required)
View Item |