INTEGRASI KURIKULUM NASIONAL DAN KURIKULUM AL-AZHAR KAIRO MESIR DI SEKOLAH DASAR AZHARI ISLAMIC SCHOOL RASUNA JAKARTA SELATAN

RIFQI PRADANA PANGESTU, . (2018) INTEGRASI KURIKULUM NASIONAL DAN KURIKULUM AL-AZHAR KAIRO MESIR DI SEKOLAH DASAR AZHARI ISLAMIC SCHOOL RASUNA JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA.pdf

Download (679kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (476kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
15. BAB V PENUTUP.pdf

Download (12kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] Text
12. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
14. BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi kurikulum Nasional dan kurikulum Al-Azhar Kairo Mesir di Sekolah Dasar Azhari Islamic School Rasuna Jakarta Selatan. Integrasi kurikulum difokuskan terkait dengan penentuan dasar filosofis kurikulum, proses pengembangan kurikulum, serta implementasi kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui proses wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan pada informan kunci yaitu Kepala Sekolah Dasar Azhari Islamic School Rasuna Jakarta Selatan, serta informan pendukung lainnya yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum Al-Azhar Kairo Mesir, dan Guru Mata Pelajaran Kurikulum Al-Azhar Kairo Mesir. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir dalah penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dasar filosofis kurikulum mencirikan filosofis esensialisme yang output peserta didiknya orientasikan kepada akhlak dan aqidahnya yang berpedoman kepada nilai-nilai dan norma agama Islam; (2) proses pengembangan kurikulum SD Azhari Islamic School dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu perencanaan kurikulum, penerapan kurikulum, dan evaluasi kurikulum yang berfokus kepada penentuan metode dan strategi pengintegrasian kurikulum terhadap faktor-faktor input pendidikan; (3) implementasi kurikulum SD Azhari Islamic School Rasuna Jakarta Selatan dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan implementasi, pelaksanaan implementasi, pengawasan implementasi, dan evaluasi implementasi kurikulum yang berfokus kepada program dan kegiatan integrasi kurikulum terhadap output pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd 2) Dr. Masduki, SH, MM
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Jan 2020 14:45
Last Modified: 21 Jan 2020 14:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item View Item