PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI ASAM BASA DAN LARUTAN PENYANGGA PADA SIKAP SISWA TERHADAP KIMIA

RIZKHA AMANAH, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI ASAM BASA DAN LARUTAN PENYANGGA PADA SIKAP SISWA TERHADAP KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RIZKHA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran kimia masih berorientasi untuk menghafalkan rumus, masih berpusat pada guru, dan kurang menghubungkan konsep kimia yang dipelajari di kelas dengan kehidupan sehari-hari yang dekat dengan siswa. Hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa dan sikap siswa terhadap kimia. Siswa merasa pelajaran kimia, sangat jauh dari kehidupan karena kurangnya aplikasi kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) materi asam basa dan larutan penyangga pada sikap siswa terhadap kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 107 Jakarta selama semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan metode kuasi eksperimen. Perlakuan yang diberikan yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas eksperimen dan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah control group sebelum perlakuan-sesudah perlakuan. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan kuesioner sikap dan tes hasil belajar. Uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji F pada α = 0,05 diperoleh hasil data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t pada α = 0,05. Hasil pengujian hipotesis adalah thitung > ttabel , yaitu 2,98 > 1,66, maka tolak H0 yang artinya terdapat pengaruh positif model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) materi asam basa dan larutan penyangga pada sikap siswa terhadap kimia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sukro Muhab, M.Si. ; 2). Dr. Maria Paristiowati, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 05:55
Last Modified: 27 May 2022 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29192

Actions (login required)

View Item View Item