PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MEDAN MAGNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

MUHAMAD IVAN ANUGRAH, . (2015) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MEDAN MAGNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
M Ivan Anugrah - 3215111250.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat praktikum medan magnet yang dapat menjelaskan berbagai variabel yang mempengaruhi kuat medan magnet induksi oleh kawat melingkar berarus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dicetuskan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari-Juli 2015 di Laboratorium Fisika Universitas Negeri Jakarta dan di uji cobakan di SMA Al-Azhar Kelapa Gading. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kuisioner validasi, dan tes tertulis yang terdiri dari pretes dan postes. Hasil validasi alat praktikum medan magnet oleh ahli materi fisika sebesar 88.89%, ahli media pembelajaran sebesar 98.11%, serta guru fisika SMA sebesar 92.03% yang diinterpretasikan sangat baik. Hasil uji coba lapangan skala kecil dengan subjek penelitian 5 orang siswa SMA serta skala lebih luas dengan subjek penelitian 18 orang siswa SMA Al- Azhar Kelapa Gading sebesar 77.47% yang diinterpretasikan sangat baik. Penggunaan media pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretes dan postes sebesar 55.56 untuk pretes dan 62.78 untuk postes yang berarti terjadi peningkatan pengetahuan dengan interpretasi sedang. ********** This research aims to develop learning media in the form of a practical tool magnetic field that can explain the various variables that affect the strong magnetic field induced by a circular current carrying wires. The method used in this research is the method of research and development which is triggered by the Borg and Gall. This research was conducted from February-July 2015 at the Physics Laboratory of the State University of Jakarta and tested at SMA Al-Azhar Kelapa Gading. The instrument used in this research is the validation questionnaire sheet, and a written test consisting of a pre-test and post-test. Results of the validation practical tool magnetic field by physics matter experts at 88.89%, instructional media expert at 98.11%, as well as high school physics teacher at 92.03% which is interpreted very well. The results of small-scale field trials with research subjects 5 high school students as well as a broader scale with 18 research subjects the high school students of Al-Azhar Kelapa Gading amounted to 77.47%, which is interpreted very well. The use of instructional media that have been developed to enhance the knowledge of students as seen from the increase in the average value of pre-test and post-test of 55.56 to 62.78 for the pre-test and post-test, which means an increase in knowledge of the interpretation being.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ir. Vina Serevina, M.M. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd.,M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 05:58
Last Modified: 27 May 2022 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29194

Actions (login required)

View Item View Item