Pengembangan Aplikasi Android berupa Role Playing Game pada Pokok Bahasan Gerak Lurus di SMA

MUHAMMAD HAFIDZ, . (2015) Pengembangan Aplikasi Android berupa Role Playing Game pada Pokok Bahasan Gerak Lurus di SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
e. lampiran I. kuisioner.pdf

Download (81kB)
[img] Text
a. cover.pdf

Download (127kB)
[img] Text
b. kata pengantar, abstrak, dan daftar isi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
c. skripsi (bab 1-5).pdf

Download (5MB)
[img] Text
d. daftar-Pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text
g.lampiran III. instrumen.pdf

Download (276kB)
[img] Text
i. lampiran V. Rekapitulasi.pdf

Download (173kB)
[img] Text
f. lampiran II. Garis Besar Isi Media.pdf

Download (1MB)
[img] Text
h. lampiran IV. dokumentasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi dari pola tingkah laku siswa SMA dalam menggunakan gadget mereka, data awal berupa kuisioner studi pendahuluan yang diberikan kepada siswa SMA dan pengamatan di kelas mengenai kecenderungan siswa belajar terhadap perkembangan teknologi. Penelitian ini dilakukan di SMA pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Media yang dikembangkan berupa aplikasi android yang dibuat sedemikian rupa hingga menjadi media pembelajaran yang efektif dan efisien dimana siswa dapat mempelajari materi kinematika gerak lurus kapanpun dan dimanapun melalui gadget mereka. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall serta desain pengembangan materi model ASSURE. Langkah- langkah penelitian dilakukan sampai tahap uji coba produk. Pengambilan data validasi media pembelajaran menggunakan instrumen berupa angket kepada ahli media dan ahli materi. Dari hasil penelitian diharapkan dengan pengembangan media pembelajaran, siswa dapat memahami konsep kinematika gerak lurus dengan lebih mudah dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 06:31
Last Modified: 27 May 2022 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29207

Actions (login required)

View Item View Item