HUBUNGAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA BIOLOGI DALAM MEMPELAJARI KONSEP-KONSEP EKOLOGI

SEPTIANA ANGGRAINI DWI ARYANTI, . (2015) HUBUNGAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA BIOLOGI DALAM MEMPELAJARI KONSEP-KONSEP EKOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415110311-Septiana Anggraini Dwi Aryanti (Skripsi).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu kemampuan yang mengandung ranah kognitif dan afektif yang digunakan seorang individu dalam menyelesaikan masalah atau membuat keputusan yang kreatif sesuai dengan keperluan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penentuan kemampuan berpikir kreatif seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan metakognitif dengan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa biologi dalam mempelajari konsep-konsep ekologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni - Juli 2015 di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Sampel diambil secara simple random sampling. Pengambilan data menggunakan angket kemampuan metakognitif dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi antara kemampuan metakognitif dengan kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa biologi adalah rxy sebesar 0,644 pada persamaan Ŷ = 0,957X - 34,464. Kemampuan metakognitif memberikan kontribusi sebesar 41,5% terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa biologi. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan positif antara kemampuan metakognitif dengan kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa biologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ratna Komala, M.Si. ; 2). Ade Suryanda S.Pd.,M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 06:36
Last Modified: 27 May 2022 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item