THE ANALYSIS OF INTENDED LEARNING OUTCOMES IN SMA/SMK/MA/MAK YEAR 11 TEXTBOOK BASED ON THE BLOOM’S REVISED TAXONOMY

MELISA AJIZAH DAHTINA, . (2017) THE ANALYSIS OF INTENDED LEARNING OUTCOMES IN SMA/SMK/MA/MAK YEAR 11 TEXTBOOK BASED ON THE BLOOM’S REVISED TAXONOMY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Melisa Ajizah Dahtina_2215120122.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkatan ranah kognitif dan pengetahuan pada kegiatan pembelajaran dalam buku bahasa inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas 11 berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom and kesesuaiannya dengan kurikulum nasional 2013. Instrumen penelitian ini adalah table Revisi Taksonomi Bloom. 62 pernayataan indikator tujuan pembelajaran di buku guru kelas 11 tersebut dipilih sebagai sumber data. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif yang melihat indikator tujuan pembelajaran direpresentasikan ke dalam tingkat ranah kognisi dan pendistribusian didalam tingkatan ranah kognisi rendah dan tingkatan ranah kognisi tinggi. Kegiatan pembelajaran dikodekan berdasarkan skema pengkodean Revisi Taksonomi Bloom yang dirancang oleh Krathwohl (2002). Selanjutunya, data dianalisis lalu frekuensi dan persentase kemunculan tingkat ranah kognitif di semua bab dikalkulasikan. Hasil penelitian menyatakan bahwa 33,87% distribusi dari tingkat pemahaman dengan pengetahuan konseptual (B2) adalah pernyataan indikator tujuan pembelajaran yang paling sering muncul di dalam buku dimana tingkat ranah kognitif rendah adalah tingkatan ranah kognisi yang lebih banyak muncul di dalam buku tersebut. Penemuan menunjukan bahwa proses analisis dan pengetahuan metakognitif sama sekali tidak muncul pada pernyataan indikator tujuan pembelajaran di buku paket Bahasa Inggris kelas 11. This research is aimed at analyzing the cognitive process and knowledge dimension of statements of Intended Learning Outcomes (ILOs) in the English for SMA/SMK/MA/MAK Year 11 Textbook (ESFT) based on Bloom’s Revised Taxonomy and the alignment with the 2013 National Curriculum. The instrument of this study is Bloom’s Revised Taxonomy table. 62 statements of ILOs stated in the teachers guide book of ESFT Year 11 were chosen as a source of the data. The methodology used the qualitative descriptive which viewed the ILOs represented in the cognitive levels and distributed in terms of low order and high order thinking skills. The ILOs of the textbook were codified based on a coding scheme of Bloom’s Revised Taxonomy designed by Krathwohl (2002). Then, the data were analyzed and the distribution of occurrence of cognitive levels in all chapters were calculated. The result of this study revealed that 33,87% of the distribution of understanding level and conceptual knowledge (B2) were the highest frequent code of ILOs in the textbook in which it was predominantly in the Low Order Thinking Skill (LOTS) rather than High Order Thinking Skill (HOTS). Furthermore, process of analyzing and metacognitive knowledge were absent in the statements of ILOs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dra. Sri Sulastini, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 May 2022 06:03
Last Modified: 27 May 2022 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29217

Actions (login required)

View Item View Item