PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA PRANCIS DI KELAS X SMK NEGERI 3 BOGOR (Sebuah Penelitian Etnografi Kelas)

MELA NUR PERMATASARI, . (2017) PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA PRANCIS DI KELAS X SMK NEGERI 3 BOGOR (Sebuah Penelitian Etnografi Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MELA NUR PERMATASARI-2315115540.pdf

Download (15MB)

Abstract

Skripsi berupa penelitian berjudul pembelajaran menulis bahasa Prancis di kelas X SMK Negeri 3 Bogor ditujukan sebagai salah satu syarat kelulusan di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana komponen�komponen proses pembelajaran dalam pembelajaran menulis bahasa Prancis di kelas X SMK Negeri 3 Bogor direalisasikan. Komponen proses pembelajaran yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah komponen pembelajaran menurut Sanjaya (2009:59) yakni tujuan, isi/materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan untuk proses penulisan siswa pada pembelajaran bahasa Prancis terdiri atas la planification, la mise en texte ou textualisation, et la révision ou l’édition sebagaimana yang telah disebutkan Cuq dan Gruca (2002:179). Penelitian ini dilakukan sebanyak delapan kali pertemuan berlangsung sejak tanggal 13 Februari sampai dengan tanggal 9 Juni 2017 dan terfokus pada satu orang guru dan yang mengajar di kelas X SMK Negeri 3 Bogor dengan jumlah siswa sebanyak 27 dengan berbagai jurusan Jasa Boga 4, Butik Busana 2 dan Butik Busana 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam pendekatan etnografi dengan teknik pengumpulan data menurut Spradley dalam Sugiyono (2010:314), yang berupa obyek observasi meliputi situasi sosial bidang pendidikan yakni place (tempat) seperti ruang kelas, actor (pelaku) yaitu guru dan activites (aktivitas) dalam proses pembelajaran menulis bahasa Prancis. Lalu untuk tahap analisis data mengacu pada Miles and Huberman dalam Sugiyono (2010:337) yang terdiri dari Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing (Verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran menulis bahasa Prancis sesuai dengan silabus Kurikulum 2013. Isi/materi pelajaran menulis bahasa Prancis terdapat dalam Modul Bahasa Prancis yang merupakan buku acuan dalam proses pembelajaran bahasa Prancis. Modul Bahasa Prancis ini merupakan buku yang dibuat oleh bapak Yuyu Wahyudin S.Pd selaku guru bahasa Prancis. Metode pembelajaran menulis bahasa Prancis yang biasa guru terapkan yakni metode tanya-jawab, diskusi, kerja kelompok, latihan dan pemberian tugas. Media pembelajaran menulis bahasa Prancis yang digunakan merupakan media yang sesuai dengan materi ajar bahasa Prancis. Evaluasi pembelajaran menulis bahasa Prancis guru melakukan penilaian dengan memberikan penugasan dan nilai hasil ulangan siswa. Mini thesis in the form of research entitled learning to write French in class X SMK Negeri 3 Bogor is intended as one of the requirements of graduation in the French Department of Education, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. This study aims to describe how the components of learning process in learning to write French in class X SMK Negeri 3 Bogor realized. According to Sanjaya (2009: 59) components of the learning process used as a reference in this study is the learning component ie objectives, content / materials, methods, media and evaluation of learning. As for the process of writing students on learning French consists of la planification, la mise en texte ou textualisation, et la révision ou l'édition as mentioned Cuq and Gruca (2002: 179). This research was conducted eight times since February 13th until 9th of June 2017 and focused on one teacher and teaching in class X SMK Negeri 3 Bogor with 27 students with various Department of Culinary 4, Boutique Boutique 2 and Clothing Boutique 3. This research uses descriptive qualitative research method in ethnography approach with data collection technique according to Spradley in Sugiyono (2010: 314), in the form of observation object covering social situation of education field that is place like classroom, actor (teacher) and teacher activites (Activity) in the process of learning to write French. Then for the data analysis phase refers to Miles and Huberman in Sugiyono (2010: 337) which consists of Data Reduction (Data Reduction), Data Display (Presentation Data), and Conclusion Drawing (Verification). The results show that the purpose of learning to write French in appropriate to the syllabus of Curriculum 2013. The content or writing material in French is contained in the French Language Module which is a reference book in the French learning process. This French module is a book written by Mr. Yuyu Wahyudin S. Pd as a French teacher. Learning methods to write the usual French language teachers that apply the method of question and answer, discussion, group work, exercise and assignment. Learning media to write the French language used is a medium in accordance with French teaching materials. Evaluation of learning to write French teachers perform assessment by assigning assignments and grades of student repeat results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Asti Purbarini, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 May 2022 06:20
Last Modified: 27 May 2022 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29227

Actions (login required)

View Item View Item