PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP BURNOUT PADA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI

MIFTAH RAMDHANI ZAIN, . (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP BURNOUT PADA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - Miftah Ramdhani Zain.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap burnout pada guru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar yang berlokasi di kecamatan Jatinegara. Sampel penelitian berjumlah 110 dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala psikologis, yaitu skala kecerdasan emosi mengadaptasi alat ukur Emotional Inteligence Questionnaire dari National Health Service (NHS) yang dibuat oleh Daniel Goleman, serta skala burnout yang dibuat dengan modifikasi Maslach Burnout Inventory atau MBI. Pengaruh yang dihasilkan bersifat negatif . Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki maka akan berdampak pada menurunnya burnout pada guru sekolah dasar negeri. Besar pengaruh yang dihasilkan kecerdasan emosional terhadap burnout adalah 0,257 (25,7%) dan sisanya 74,3% dipengaruhi oleh faktor lain. *This study aims to determine the effect of emotional intelligence on burnout in teachers. This research was conducted in elementary school located in the district Jatinegara. These samples included 110 with a sampling technique is simple random sampling. Research data collection is done by using a psychological scale, the scale of emotional intelligence to adapt the measuring tool Emotional Intelligence Questionnaire from the National Health Service (NHS) made by Daniel Goleman, and the burnout scale modifications made by Maslach Burnout Inventory, or MBI. The resulting is negative influence. This shows that the higher of emotional intelligence that owned it will decrease the burnout in public primary school teachers.The resulting large influence emotional intelligence against burnout is 0.25,7 (25,7%) and the remaining 74,3% are influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi ; 2). Winda Dewi Listyasari, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 01:52
Last Modified: 30 May 2022 01:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29228

Actions (login required)

View Item View Item