POLA RITMIK GANRANG MAKASSAR PADA TARI PAKARENA

KIBAR MUHAMMAD PEMBELA, . (2017) POLA RITMIK GANRANG MAKASSAR PADA TARI PAKARENA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
KIBAR MUHAMMAD PEMBELA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola ritmik Ganrang Makassar pada Tari Pakarena serta mendokumentasikan pola ritmik Ganrang Makassar dalam bentuk notasi musik, sebagai suatu upaya pelestarian kesenian tradisional Indonesia. Jenis metodologi yang digunakan adalah metode yang bersifat kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berdasarkan hasil dari observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Keabsahan menggunakan triangulasi. Waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Juni2016 hingga Januari 2017. Tempat pelaksanaan penelitian ini di kediaman Sulthan, Jl. Menteng Wadas 1 No.30 dan kediaman Agus Salim Bur, Jl. Kramat Jaya Gg.VIII, No.95A, RT 017, RW 08 Kel. Semper Barat, Kec. Cilincing, Jakarta Utara. Hasil penelitian pola ritmik ganrang 1) Pola irama ganrang Makassar dihasilkan dari perpaduan pola ritmik ganrang dasar dan pola ritmik ganrang variasi yang saling mengikat. 2). Ada delapan pola irama Ganrang Makassar yang dimainkan dalam mengiringi Tari Pakarena. yaitu: Tunrung Pakanjara, Tumbu Tallu, Tumbu Se’re, Tumbu Rua, Tunrung Leko’Bo’dong, Tunrung Renjang�Renjang, Empat Arah Mata Angin, dan pola irama ganrang pada lagu Dongang�Dongang. 3) Susunan pola iringan Tari Pakarena (“Lagu Dongang-dongang”) : Pakanjara, Tumbu Tallu, Tumbu Se’re, Lagu Dongang–dongang, Tumbu Se’re, Tumbu Rua, Tunrung Leko’ Bo’dong, 4) Arah Mata Angin, Tunrung Renjang�renjang, Pakanjara. Implikasi diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia akan kebudayaan yang sangat luas dan perlu dilestarikan serta dikembangkan. Tujuannya adalah agar kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia dapat berkembang dan dinikmati hingga ke dunia internasional. Hasil penelitian ini pun diharapkan dapat menjadi bahan ajar dalam mempelajari salah satu instrumen musik tradisional Indonesia, serta diharapkan juga untuk kebutuhan akademik melalui literatur yang tertulis pada penelitian ini The purpose of this study was to describe the rhythmic patterns in the dance Pakarena Ganrang Makassar and Makassar Ganrang documenting rhythmic patterns in the form of musical notation, as an effort to preserve the traditional art of Indonesia. The type of methodology used is qualitative descriptive method. The collection of data based on the results of field observation, interviews, documentation, and literature. Data were analyzed using data reduction and data presentation. Validity using triangulation. Time and place of the research conducted since Juni2016 until January 2017. Place of execution of this study in residence Sulthan, Jl. Menteng Wadas 1 30 and the residence Agus Salim Bur, Jl. Kramat Jaya Gg.VIII, No.95A, RT 017, RW 08 Kel.Semper Barat, district.Cilincing, North Jakarta. The results of the study rhythmic patterns ganrang 1) Makassar ganrang rhythm pattern generated from a combination of rhythmic patterns ganrang basic and rhythmic patterns of variation ganrang mutually binding. {0}20{/0}{1}. {/1} There are eight Ganrang Makassar rhythm patterns played in accompanying Pakarena Dance. namely: Tunrung Pakanjara, Tumbi Tallu, Tumbi Se're, Tumbi Rua, Tunrung Leko'Bo'dong, Tunrung Renjang-Renjang, Four Directions Mata wind and rhythm patterns ganrang on track Dongang-Dongang. 3) The composition Pakarena Dance accompaniment patterns ( "Songs Dongang�Dongang"): Pakanjara, Tumbi Tallu, Tumbi Se're, Songs Dongang-Dongang, Tumbi Se're, Tumbi Rua, Tunrung Leko 'Bo'dong, 4) Directions Mata wind, Tunrung Renjang-renjang, Pakanjara. Implications expected to foster public awareness of Indonesian culture is very broad and needs to be preserved and developed. The aim is that the cultures that exist in Indonesia can thrive and be enjoyed to the international world. The results of this research is also expected to be a teaching material in studying one of Indonesia's traditional musical instruments, and is expected also to the academic needs through literature written on this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Gandung Joko Srimoko,S.sn., M.Sn. 2) Didin Supriadi,S.Sen,M.Pd
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 May 2022 06:38
Last Modified: 27 May 2022 06:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29239

Actions (login required)

View Item View Item