PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

SITI NUR REZKI MAESYAROH, . (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK, kata pengantar, daftar isi, tabel, gambar dan lampiran.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (548kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika untuk siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan dalam modul pembelajaran ini adalah sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan pendekatan ilmiah (Scientific Approach). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari enam tahap, yaitu melakukan analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, evaluasi satu-satu, uji coba lapangan skala kecil, dan uji coba lapangan skala besar kepada siswa dan guru. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata skor dari tiga validator untuk semua indikator materi dan bahasa yaitu 83,90% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Modul yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013, uraian materi sesuai dengan konsep matematika, isi modul sesuai dengan asas pendekatan ilmiah, dan bahasa yang digunakan dalam modul sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Berdasarkan hasil validasi ahli media, persentase rata-rata skor dari tiga validator untuk semua indikator yaitu 85,43% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Penyajian dan desain modul sudah proporsional. Berdasarkan hasil evaluasi satu-satu, persentase rata-rata untuk semua indikator terkait respon positif siswa terhadap penggunaan modul adalah sebesar 88,99% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala kecil, persentase rata-rata untuk semua indikator terkait respon positif siswa terhadap penggunaan modul sebesar 86,15% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala besar, persentase rata-rata untuk semua indikator terkait respon positif siswa terhadap penggunaan modul sebesar 85,91% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Siswa merasakan adanya manfaat modul dan tertarik dengan adanya penggunaan modul. Berdasarkan hasil uji coba kepada guru, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 93,94% maka kategori yang diperoleh sangat baik, modul yang dikembangkan dapat digunakan dan dipahami oleh siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Sudaryati. M.Pd. ; 2). Dr. Lukman El Hakim. M. Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 02:09
Last Modified: 30 May 2022 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29244

Actions (login required)

View Item View Item