EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI BAMBOO DANCING TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMK WIJAYA KUSUMA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran 3 SMK Wijaya Kusuma Lenteng Agung Tahun Ajaran 2016/2017)

KURNIA PUTRI PERTIWI, . (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI BAMBOO DANCING TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMK WIJAYA KUSUMA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran 3 SMK Wijaya Kusuma Lenteng Agung Tahun Ajaran 2016/2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANGKET PENELITIAN nia.pdf

Download (77kB)
[img] Text
cover nia.pdf

Download (31kB)
[img] Text
1-5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR NAMA SISWA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
abstrak inggris.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (483kB)
[img] Text
lembar pengesahan yg mau di pdf.pdf

Download (575kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (102kB)
[img] Text
reliabilitas soal berbicara.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Reliabilitas soal menulis hiragana.pdf

Download (421kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
New Doc 2017-08-24_1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
New Doc 2017-08-24_2.pdf

Download (285kB)
[img] Text
soal postest setelah validasi.pdf

Download (414kB)
[img] Text
surat keterangan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
surat permohonan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Soal kemampuan berbicara (Repaired).pdf

Download (422kB)
[img] Text
soal kemampuan sesudah validasi.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Tabel Hasil Pretest dan Posttest.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Validitas dan Reliabilitas Soal Membaca.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Validitas Soal Menyimak.pdf

Download (181kB)
[img] Text
surat persetujuan.pdf

Download (843kB)

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari di SMK/SMA di Indonesia. Materi yang diajarkan diantaranya adalah pola kalimat dan huruf. Namun, karena dalam pelaksanaan pembelajaran setiap guru mempunyai target pembelajaran yang harus dicapai, sehingga tidak heran apabila anak belum benar-benar memahami materi sebelumnya namun sudah berganti materi selanjutnya. Sehingga diperlukan suatu strategi pembelajaran untuk menunjang pembelajaran bahasa Jepang di SMk/SMA, salah satunya dengan strategi bamboo dancing. Strategi bamboo dancing merupakan salah satu strategi dari Pembelajaran Kooperatif. Karena strategi pembelajaran ini mempunyai kelebihan untuk meningkatkan motivasi, dan kerjasama. Sehingga siswa dapat saling memberikan pemahaman dengan temannya mengenai materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Jepang (keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara) sebelum dan sesudah menggunakan strategi bamboo dancing, dan mengetahui tanggapan pembelajaran kooperatif strategi bamboo dancing dalam pembelajaran bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Sampelnya adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 3 SMK Wijaya Kusuma Lenteng Agung yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes lisan dan tes tertulis. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 69 nilai rata-rata posttest sebesar 78,5, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 9,5. Hasil penelitian berdasarkan pada taraf signifikansi 5 % pada pada derajat kebebasan (db) = 58 maka didapatkan ttabel sebesar 2,00. Dengan hasil thitung 4,52 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel) sehingga HK diterima dan HO ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif strategi bamboo dancing efektif dalam pembelajaran bahasa Jepang. Japanesse Languange is one of foreigner language that has been taught in Vocational School or Senior high School in Indonesia. The material that is taught are grammer and alphabet. But, the teaching learning process in every teacher is different, so some of the students don’t understand at all with the previous material but they are given other materials. So a strategy is needed to improve teaching learning Japanesse in SMK/SMA, one of that strategy is Bamboo Dancing. Bamboo Dancing Strategy is a part of cooperative learning strategy. Because of this strategy has some advantages like improving students’ motivation and team work. So, students will be able to share their knowledge abou the material that have been taught to their friends. The purposes of this research are (1) to know the effectiveness of teaching learning japanesse (reading, writing, observing, speaking) before using bamboo dancing strategy and dfter using bamboo dancing strategy. (2) to know the students responses toward cooperative learning using bamboo strategy in teaching learning japanesse. The method that was experimental One-Group Pretest-Postest Design. The sample of this research was 30 students in grade tenth of management office at SMK Wijaya Kusuma Lenteng Agung. The rinstruments of this study are speaking test and writing test. Based on the data analysis, it can be conclude that there is differentiate between the sum of pretes result, it is 69 and the sum of post test result, that is 78,5, so the difference of the sum is 9.5. The result for this research depend on significance level 5% with the tolerance = 58 for ttable 2,00. from the result of t account 4,52 it means the value of t account more than t table (thitung > ttabel), so accepted HK and rejected HO. It can be conclude that the implementation of coperative learning in bamboo dancing strategy is effective in teaching learning japanesse.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nia Setiawati, M.Pd. 2) Viana Meilani Prasetio, S.S., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 May 2022 07:13
Last Modified: 27 May 2022 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29258

Actions (login required)

View Item View Item