Pengaruh Strategi Pembelajaran Mandiri dan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Tari Payung Sumatra Barat Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Depok

Deviena Aulia Rupansa, . (2016) Pengaruh Strategi Pembelajaran Mandiri dan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Tari Payung Sumatra Barat Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Depok. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NONI RUPANSA 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh hasil belajar tari Payung Sumatra Barat dengan menggunakan strategi pembelajaran Mandiri dan strategi pembelajaran Active Learning siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Depok dan seberapa besar perbedaan hasil belajar tari Payung Sumatra Barat dengan menggunakan strategi pembelajaran Mandiri dan strategi pembelajaran Active Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Depok kelas XI IPA. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen . Variabel Hasil Belajar (Y) adalah Strategi Pembelajaran Mandiri (A1) dan Strategi Pembelajaran Active Learning (A2). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan pengambilan sampel dengan metode stratified random sampling yang populasinya berjumlah 200 siswa dengan sampel 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yaitu dengan tes tindakan keterampilan menari dan analisis data menggunakan uji t-test dengan uji prasyarat hipotesis. Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar tari Payung dengan mengggunakan strategi pembelajaran Mandiri dan strategi pembelajaran Active Learning. Nilai rata-rata hasil belajar tari Payung dengan menggunakan strategi pembelajaran Mandiri yaitu 50,07 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar tari payung dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Learning yaitu 45,64. Demikian pula nilai t-test dengan uji perbedaan menghasilkan t sebesar 2,5 dengan taraf signifikan pada α = 0,05 yaitu 1,70 dan taraf signifikan pada α = 0,01 yaitu 2,47 (thitung 2,50 > ttabel 1,70 dan 2,47) maka tolak H0, terima H1. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tari payung dengan menggunakan strategi pembelajaran Mandiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tari payung dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Learning. Hal ini dikarenakan pada strategi pembelajaran Mandiri aktivitas pembelajaran biasanya dilakukan melalui proses tanya jawab antara guru dan siswa. Dengan kegiatan tanya jawab ini siswa tetap dapat belajar secara aktif untuk mencari dan menentukan jawaban sendiri serta dapat memacu siswa untuk berfikir kritis dan analitis, namun guru juga dapat mengontrol kegiatan dan pembelajaran yang berlangsung di kelas sehingga guru tahu siswa harus diarahkan kemana agar hasil belajarnya dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dinny Devi Triana, S.Sn., M.Pd.,; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd.,
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:16
Last Modified: 21 Jan 2020 15:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2928

Actions (login required)

View Item View Item