SEBUAH ANALISIS UMPAN BALIK KOREKTIF TERTULIS DOSEN DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS DALAM PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN SKRIPSI

LINA HERLINA, . (2017) SEBUAH ANALISIS UMPAN BALIK KOREKTIF TERTULIS DOSEN DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS DALAM PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN SKRIPSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lina Herlina.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui jenis dan respon siswa terhadap umpan balik korektif tertulis yang diberikan dosen di penulisan proposal penelitian skripsi siswa jurusan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan analisis konten kualitatif. 30 proposal penelitian skripsi dan 10 angket digunakan sebagai sumber data penelitian. Data dianalisis menggunakan teori Rod Ellis (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya tiga dari enam tipe umpan balik korektif tertulis dosen digunakan dalam proposal penelitian skripsi jurusan Bahasa Inggris seperti Indirect, Direct, dan Reformulation. Selain itu, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa siswa lebih memilih jenis Direct Feeback sebagai tipe yang digunnakan dosen dalam mengkoreksi penulisan proposal penelitian dan mengikuti umpan balik dosen dalam memperbaiki penulisan. Penggunaan umpan balik langsung dan tidak langsung dalam setiap bagian dari penulisan proposal penelitian skripsi siswa menyimpulkan bahwa dosen kebanyakan menggunakan dua jenis itu dalam memberikan umpan balik korektif tertulis di jurusan Bahasa Inggris. This research was conducted to investigate types and students’ responses of lecturers’ written corrective feedback in English Department students’ research proposal of skripsi. This research employed qualitative content analysis. Thirty research proposals and ten questionnaires were used as data source. The data were analyzed using theory proposed by Rod Ellis (2009). Result showed that three types from six types applied in English Department students’ research proposal of skripsi which were Indirect, Direct, and Reformulation. This study also got the result that the students preferred Direct Feedback when getting feedback and followed the feedback to revise their research proposal. The use of indirect and direct feedback in every section of research proposal concluded that lecturers mostly used that types in giving written feedback in English Department students’ research proposal of skripsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nina Wanda Cassandra, M.Pd 2) Siti Wachidah, Ph.D
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 May 2022 08:48
Last Modified: 27 May 2022 08:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29282

Actions (login required)

View Item View Item