KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG DIRANCANG OLEH GURU PEMBELAJAR

LELYANA SYARIF, . (2017) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG DIRANCANG OLEH GURU PEMBELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meneliti keterampilan berpikir kritis dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru pembelajar Pendidikan Bahasa Inggris di UNJ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis isi sebagai metode penelitian. Teori dari Brown (2001) dan Anderson dan Krathwohl (2001) diadaptasi untuk menganalisis data. Hasil yang didapat menunjukan bahwa ada empat tingkat keterampilan berpikir yang muncul dalam RPP yang dirancang oleh guru pembelajar. Yaitu mengingat, memahami, mengaplikasi, dan membuat dengan presentasi masing-masing 44%, 6%, 39% dan 11%. Dapat dinyatakan bawah RPP didominasi oleh berpikir tingkat rendah. Selain itu, dapat dilihat rencana pelaksaan pembelajaran yang dirancang oleh guru pembelajar tidak mencakup semua kategori dalam keterampilan berpikir kritis berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom, tidak ada level menganalisis dan mengevaluasi. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa hubungan dari semua komponen di RPP yang dirancang oleh guru pembelajar terkait satu sama lain, pernyataan dalam tujuan pembelajaran dirumuskan pada kegiatan belajar dan penilaian yang dilakukan untuk menilai pencapaian siswa menggunakan beberapa jenis rubrik penilaian yang didasari pada tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ratna Dewanti M.pd 2) Nina Wanda Cassandra, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 May 2022 09:36
Last Modified: 27 May 2022 09:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29287

Actions (login required)

View Item View Item