PENINGKATAN PENGGUNAAN KATA GANTI DALAM KATA KERJA BAHASA ARAB DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 20 JAKARTA

DEWI ARISTIYANA, . (2016) PENINGKATAN PENGGUNAAN KATA GANTI DALAM KATA KERJA BAHASA ARAB DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Dewi Aristiyana 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN.20 Jakarta pada bulan Maret- April 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kata ganti dalam kata kerja bahasa arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa MTsN.20 Jakarta kelas 7.3 yang berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi peneliti dan siswa, dan hasil tes belajar siswa. Pengukuran hasil belajar bahasa Arab dilaksanakan di akhir setiap siklus penelitian dengan memberikan tes akhir berbentuk pilihan ganda dan jawaban singkat yang berjumlah 20 soal. Metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan kata ganti pada kata kerja Bahasa Arab pada siswa kelas 7.3 di MTsN.20 Jakarta. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah sebagai berikut: siklus I persentase yang diperoleh dari hasil tes 76,14 % di MTsN.20 Jakarta yaitu sebanyak 31 siswa mencapai nilai KKM 75 dan memperoleh nilai rata-rata 70 dari jumlah siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan nilai rata-rata di MTsN.20 Jakarta dengan persentase 84,43 % sebanyak 36 siswa yang mencapai nilai KKM 75 dan memperoleh nilai rata-rata 80 dari jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:25
Last Modified: 21 Jan 2020 15:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item