MENINGKATKAN APRESIASI SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII A SMP YAYASAN PENDIDIKAN UMAT ISLAM JAKARTA

Dewi Sri Kusumaningrum, . (2016) MENINGKATKAN APRESIASI SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII A SMP YAYASAN PENDIDIKAN UMAT ISLAM JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DEWISRIKUSUMANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi tari dalam mata pelajaran seni budaya di SMP Yayasan Pendidikan Umat Islam (YPUI) melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A berjumlah 29 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Waktu penelitian ini selama 4 bulan, terhitung dari bulan Januari hingga Mei 2016. Desain penelitian tindakan kelas menggunakan model dari Kurt Lewin dengan prosedur yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pelaksanaan tindakan sebanyak 2 siklus, Siklus I dan Siklus II. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dilakukan dengan membagi menjadi 5 kelompok dan setiap individu diberikan nomor, kemudian memberikan materi tentang pengetahuan tari dan memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mencari video karya tari Betawi yang sudah dibagikan perkelompok, selanjutnya guru memanggil nomor untuk diberikan pertanyaan yang terkait tentang pengetahuan, analisis, dan penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada perolehan nilai siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa dari pratindakan 48.27, kemudian Siklus I 70.83, dan pada Siklus II 81.11. Dengan demikian peningkatan rata-rata dari pratindakan ke siklus I yaitu 48 %, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dinny Devi Triana, S.Sn., M.Pd ; 2). Tuteng Suwandi, S.Kar., M.Pd.,
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Jan 2020 16:09
Last Modified: 21 Jan 2020 16:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item View Item