ANALISIS PERAWATAN SISTEM PENGEREMAN NORMAL PESAWAT AIRBUS A330 DI PT.GARUDA MAINTENANCE FACILITY AEROASIA

MARTIN DANANG LAKSONO, . (2017) ANALISIS PERAWATAN SISTEM PENGEREMAN NORMAL PESAWAT AIRBUS A330 DI PT.GARUDA MAINTENANCE FACILITY AEROASIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MARTIN DANANG (fix).pdf

Download (7MB)

Abstract

Salah satu masalah telah ditemukan pada jenis pesawat Airbus A330, yaitu berupa kegagalan sistem pengereman normal. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah masalah kegagalan sistem pengereman normal pesawat Airbus A330 dari aspek pemeliharaannya. Berdasarkan pilot report, maintenance report dan delay report pada periode pengamatan Januari 2015 - Januari 2017, masalah yang paling sering terjadi pada pengereman pesawat Airbus A330 adalah kegagalan sistem pengereman normal, dengan frekuensi 21 kali kejadian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi komponen kritis serta menentukan interval waktu penggantian yang optimal. Penelitian ini dilakukan di PT.Garuda Maintenance Facility Aeroasia. Data primer yang digunakan berupa data penggantian komponen sistem pengereman normal periode Januari 2015 - Januari 2017, dengan data sekunder berupa data spesifikasi sistem pengereman Airbus A330. Analisis data untuk menguji distribusi keandalan komponen mengunakan bantuan software Weibull++, dengan nilai yang diamati berupa parameter distribusi (weibull, normal, eksponensial, dan lognormal), MTTF, keandalan, fungsi kepadatan kemungkinan, fungsi distribusi kumulatif dan fungsi laju kerusakan. Hasil perhitungan menunjukan komponen Brake Unit Assembly merupakan komponen kritis pada sistem, dengan nilai Reliability of Importance sebesar IR=74.07% pada saat MTTFs sistem pengereman normal = 4365.535 jam.dan keandalan sistem Rs (t) =55.58%. Hasil tersebut mengacu pada perhitungan distribusi Weibull dua parameter pada komponen tersebut dengan nilai β = 3,528781 dan θ = 6216,95. Sehingga komponen memiliki nilai MTTF = 5599,7 jam dan nilai keandalan pada waktu tersebut sebesar 50.09%. Dari hasil nilai MTTF tersebut, dapat ditentukan optimal interval penggantian komponen Brake Unit Assembly adalah pada waktu sekitar 5599,7 jam. One of the problems has been found on the type of Airbus A330 aircraft, it is a failure of the normal braking system. This study aims to examine the problem of failure of the normal braking system on Airbus A330 from maintenance aspect. Based on pilot report, maintenance report and delay report in observation period January 2015 - January 2017, the most common problem in Airbus A330 braking is the failure of the normal braking system, with a frequency of 21 times. The purpose of this study was to identify the critical component and determine the optimal time interval of replacement. This Study was conducted in PT.Garuda Maintenance Facility AeroAsia. The primary data used in this study are the removal components of normal braking system in period January 2015 - January 2017, and the secondary data are data specification of normal braking system. The life distribution analysis has done with the help of Weibull++ software, with observed values such are the parameters of distribution (Weibull, normal, exponential, and lognormal), MTTF, reliability, probability density funcion, cumulative distribution function, and ailure rate. The result of the calculation shows that the Brake Unit Assembly is the critical component of the system, with Reliability of Importance value IR = 74.07% when normal braking system MTTFs = 4365.535 hour and system reliability Rs (t) = 55.58%. That result refers to the calculation of two parameters Weibull distribution on that component with the value of β = 3,528781 and θ = 6216,95. Therefore, the component has MTTF = 5599.7 hours and the reliability value at that time is 50.09%. From the result of MTTF value, it can be determined the optimal replacement interval of Brake Unit Assembly is about 5599,7 hours.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eng. Agung Premono, ST.,MT 2) I Wayan Sugita , ST.,MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 May 2022 06:28
Last Modified: 28 May 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29324

Actions (login required)

View Item View Item