ANALISIS FAKTOR KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJI KOMPETENSI NASIONAL BIDANG TATA KECANTIKAN RAMBUT

MARIA ELISABETH, . (2016) ANALISIS FAKTOR KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJI KOMPETENSI NASIONAL BIDANG TATA KECANTIKAN RAMBUT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor kecemasan siswa SMKN 27 Jakarta Pusat dalam menghadapi Uji Kompetensi Nasional. Penelitian ini dilakukan di SMKN 27 Jakarta Pusat, Jurusan Tata Kecantikan Rambut dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total population. Instrumen yang digunakan untuk menganalisa faktor kecemasan siswa terhadap Uji Kompetensi Nasional ini menggunakan rating scale. Hasil uji validitas diperoleh dari 45 item pernyataan terdapat 30 item yang dinyatakan valid dan 15 item dinyatakan tidak valid karena koefisien korelasinya lebih kecil dari nilai r tabel. Nilai reabilitas r hitung adalah 0,959 dan r tabel dengan taraf signifikasi 5% dengan n = 15 adalah 0,514, maka r hitung > r tabel, 0,959 > 0,514, hal ini berarti kuisioner memiliki tingkat reabilitas tinggi. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil, persentase persepsi siswa yang memaknai Uji Kompetensi Nasional sebagai sesuatu yang mengancam (negatif) sebesar 50%, dan 50% lainnya tidak memaknai Uji Kompetensi Nasional sebagai sesuatu yang mengancam (positif). Lalu secara kecenderungan Individu dalam merasakan kecemasan atau Anxiety Trait, diketahui bahwa 13,33% atau sebanyak 4 siswa mengalami kecenderungan kecemasan tinggi, dan 83,33% atau sebanyak 25 siswa memiliki kecenderungan mudah mengalami kecemasan terhadap Uji Kompetensi Nasional, serta 3,33% atau sebanyak satu siswa tidak memiliki kecenderungan merasakan kecemasan, yang berarti siswa tersebut tidak menganggap Uji Kompetensi Nasional meresahkan dirinya. Berdarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor kecemasan baik secara persepsi dan Anxiety Trait sangat mempengaruhi diri siswa dalam menghadapi Uji Kompetensi Nasional. This study aims to determine student anxiety factor analysis SMKN 27 Central Jakarta, in the face of the National Competency Test. This research was conducted at SMK 27 Jakarta Pusat, Department Hairstyling with enrollment of 30 students. This study used survey method. The sampling technique in this study using the total population. The instrument used to analyze the factors of anxiety of students to the National Competency Test this using the rating scale. Validity test results obtained from 45 statement items are 30 items that otherwise valid and 15 items declared invalid because of the correlation coefficient is smaller than the value of r table. Reliability value r count is 0,959 and r table with a significance level of 5% with n = 15 is 0.514, then r count> r table, 0.959> 0.514, it means that the questionnaire has high reliability levels. Having done the research results, the percentage of students who interpret the perception of the National Competency Test as something that threatens the (negative) by 50%, and 50% do not interpret the National Competency Test as something that threatens the (positive). Then, in the tendency of individuals to feel anxiety or Trait Anxiety, found that 13.33% or as many as four students had the tendency of high anxiety, and 83.33% or as many as 25 students have a tendency to easily experience anxiety about the National Competency Test, and 3.33% or as much as the students do not have a tendency to feel anxiety, which means the student did not consider the National Competency Test troubling him. Results of this study can be concluded that the factor of anxiety both in perception and Trait Anxiety greatly affect the student in the face of the National CompetencyTest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Lilies Yulastri, M.Pd, 2) Dra. Lilies Jubaedah, M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 May 2022 06:41
Last Modified: 28 May 2022 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29326

Actions (login required)

View Item View Item