HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN INTENSI MEMBELI BUSANA PRIA MEREK LUAR NEGERI

MAESITA SOFYANA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN INTENSI MEMBELI BUSANA PRIA MEREK LUAR NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-MAESITA.SOFYANA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-esteem dengan intensi membeli busana pria merek luar negeri. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Pusat Bisnis Jakarta. Sampel penelitian ini adalah pria dewasa awal usia 22 – 40 tahun yang sudah bekerja dengan jumlah 141 responden. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif dengan teknik survei. Teknik pengambilan sampel secara insidental. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Instrumen Self-esteem yang terdiri dari 26 butir item dengan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha yaitu 0,88. Instrumen intensi membeli yang terdiri dari 19 item dengan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha yaitu 0,81. Dalam melakukan uji hipotesis analisis statistik yang digunakan yaitu analisis Korelasi Produk Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-esteem dengan intensi membeli busana pria merek luar negeri, dengan p= 0,042 (p<0,05), dan koefisien -0,171 yang artinya bersifat negatif atau berlawanan dan memiliki tingkat hubungan yang sangat lemah, dengan koefisien determinan sebesar 2,9%. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self-esteem pada pria maka akan menurunnya intensi membeli busana pria merek luar negeri. This research aims to determine the relationship between Self-Esteem and Purchase Intentions of International Menswear Brands. This research was conducted in Central Business District (CBD), Jakarta. Samples of the research are working men age 22 – 40 years old, with total 141 respondents. This research used associative-quantitative method with survey technique. The sampling technique used was incidental sampling with questionnaire as research instrument. Self-esteem Instruments consist of 26 items with Cronbach’s Alpha coefficient of reliability 0.88. Purchasing intentions Instruments consists of 19 items with Cronbach’s Alpha coefficient of reliability 0.81. In conducting hypothesis test, the statistical analysis used was Product-Moment Correlation. The results showed that there was significant relationship between self-esteem and purchase intentions of international menswear brands, with p = 0.042 (p <0.05) and coefficients -0.171 which mean negative or opposite, with determinan coefficient of 2,9%. It can be concluded that the higher level of men’s self-esteem, it will decrease the intentions to purchase international menswear brands.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Vivi Radiona SP, M.Pd 2) Dra. Harsuyanti RL, M.HUM
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 May 2022 06:57
Last Modified: 28 May 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29331

Actions (login required)

View Item View Item