MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU OLAHRAGA TERHADAP KONSISTENSI LATIHAN CABANG OLAHRAGA TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AULIA FITRI ILLAHI AL ISLAMY, . (2017) MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU OLAHRAGA TERHADAP KONSISTENSI LATIHAN CABANG OLAHRAGA TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AULIA FITRI ILLAHI AL ISLAMY.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk (1) Mengetahui motivasi yang mendorong mahasiswa FIO UNJ dalam mengikuti latihan cabang olahraga taekwondo. (2) Memberikan informasi kepada pengurus cabang olahraga taekwondo khususnya pelatih serta pembina mengenai motivasi instrinsik dan ekstrinsik dari mahasiswa/i cabang olahraga taekwondo yang berada di FIO UNJ. (3) Informasi yang bermanfaat bagi para Pembina atau pelatih untuk menyusun program latihan yang sesuai dengan kondisi mahasiswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di sekitar Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 5 Juli – 7 Juli 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey. Menggunakan teknik total sampling dengan sampel berjumlah 30 orang. Setelah diadakan penelitian tentang motivasi mahasiswa fakultas ilmu olahraga Universitas Negeri Jakarta dalam mengikuti latihan cabang olahraga taekwondo ditinjau dari morivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik dari data yang ada bahwa : Motivasi instrinsik terbagi menjadi tiga aspek, yakni ; (1) Aspek kepribadian sebanyak 32,3% atau 15 mahasiswa yang menyatakan ragu�ragu dengan pernyataan “saya selalu hadir tepat waktu saat latihan”, (2) Aspek prestasi sebanyak 73,3% atau 23 mahasiswa yang menyatakan sangat setuju dengan pernyataan “saya ingin menjadi atlet yang memiliki prestasi terbaik , (3) Aspek kesenangan sebanyak 35% atau 11 mahasiswa yang menyatakan setuju dengan pernyataan “saya merasa senang ketika latihan”. Sedangkan dari motivasi ekstrinsik terbagi menjadi lima aspek : (1) Aspek fasilitas sebanyak 31,1% atau 13 mahasiswa yang menyatakan setuju dengan pernyataan “saya kecewa karena setiap latihan matrasnya bongkar pasang”, (2) Aspek metode latihan sebanyak 47,5% atau 15 mahasiswa yang menyatakan setuju dengan pernyataan “saya selalu mengikuti latihan sesuai dengan instruksi pelatih”, (3) Aspek pertemanan sebanyak 44,9% atau 20 mahasiswa yang menyatakan setuju dengan pernyataan “saya senang dengan teman latihan saya saat ini, (4) Aspek pelatih sebanyak 40,3% atau 19 mahasiswa yang menyatakan setuju dengan “saya kecewa pelatih membeda-bedakan atlet”, (5) Aspek ekonomi sebanyak 35,2% atau 13 mahasiswa yang menyatakan setuju dengan pernyataan “keadaan ekonomi saya mampu mendukung saya menjadi atlet yang berhasil. This thesis research aims to (1) Know the motivation that encourages FIO UNJ students to follow the practice of taekwondo sport. (2) Providing information to taekwondo sports officials, especially trainers and coaches about intrinsic and extrinsic motivation from students of taekwondo sport who are in FIO UNJ. (3) Useful information for coaches or trainers to develop an exercise program appropriate to the student's condition. This research was conducted around the Faculty of Sport of the State University of Jakarta on July 5 - July 7, 2017. The method used in this research is descriptive research with survey method. Using a total sampling technique with a sample of 30 people. After a research on the motivation of the sports faculty students of the State University of Jakarta in participating in taekwondo sporting exercises in terms of intrinsic morivation and extrinsic motivation from existing data that: Intrinsic motivation is divided into three aspects, namely; (1) Personality aspect as much as 32,3% or 15 student expressing hesitation with statement "I always present on time during practice", (2) Aspect of achievement as much as 73,3% or 23 student who stated strongly agree with statement " I want to be an athlete who has the best performance, (3) Pleasure aspect as much as 35% or 11 students who agree with the statement "I feel happy when practice". Extrinsic motivation is divided into five aspects: (1) Facility aspect is 31.1% or 13 students who agree with statement "I am disappointed because every practice of matrasnya unloading pairs", (2) Aspects of training method as much as 47.5% 15 students who agreed with the statement "I always follow the training in accordance with the instructions of the trainer", (3) Aspects of friendship as much as 44.9% or 20 students who agree with the statement "I am happy with my current practice friend, (4) Coaches as much as 40.3% or 19 students who agree with "I am disappointed the trainer discriminates athletes", (5) The economic aspect is 35.2% or 13 students who agree with the statement "the state of my economy can support me to be an athlete successful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd 2) Hermanto, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 May 2022 07:20
Last Modified: 28 May 2022 07:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29339

Actions (login required)

View Item View Item