ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA KELAS XI MENGGUNAKAN PRODUCT LIFE-CYCLE ANALYSIS ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI KOLOID

SITI YULIANITA UTAMI, . (2015) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA KELAS XI MENGGUNAKAN PRODUCT LIFE-CYCLE ANALYSIS ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI KOLOID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BIODATAPENULIS.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan argumentasi siswa kelas XI yang muncul setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) dan Life-Cycle Analysis (LCA) pada materi koloid. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2015 di SMA Negeri 11 Jakarta. Jumlah subjek penelitian adalah 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan portofolio. Quality Standard yang digunakan adalah Credibility. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerita pretask, cerita posttask, kuesioner ahli, dan rubrik penilaian projek. Hasil argumentasi didapatkan pada saat pra�LCA yaitu sebelum diberikan pemahaman tentang LCA, dan pasca-LCA yaitu setelah diberikan pemahaman tentang LCA. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa siswa yang mampu memmenuhi tiga komponen dasar argumentasi pra-LCA berdasarkan aspek Toulmin Argumentation Pattern (TAP) yaitu sanggahan, penjelasan, dan tawaran adalah 25 orang siswa. Sedangkan, saat pasca-LCA siswa yang mampu memenuhi tiga kemampuan dasar argumentasi adalah 31 orang siswa. Dari segi aspek sosio-ekonomi, mora, ilmiah, dan ekologi, argumentasi siswa yang paling signifikan peningkatannya adalah argumentasi yang berkaitan dengan aspek ekologi, dan terbukti dengan perbedaan jumlah siswa yang berargumentasi saat pra-LCA dan pasca�LCA adalah 9 orang. Sedangkan, argumentasi yang berkaitan dengan aspek sosio-ekonomi dan moral, mengalami peningkatan saat pra-LCA dan pasca-LCA adalah 8 orang, serta argumentasi siswa saat pasca-LCA memiliki penjelasan yang lebih mendalam pada setiap aspeknya. Dengan demikian, dapat disimpulakan bahwa penerapan Life-Cycle Analysis (LCA) dalam pembelajaran kimia mampu menumbuhkan kemampuan argumentasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurbaity, M.Si. ; 2). Dra. Tritiyatma H., M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 03:29
Last Modified: 30 May 2022 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29354

Actions (login required)

View Item View Item