Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai dengan Menggunakan Tabel Perbandingan Berdasarkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun

MAYA OKTAVIANI, . (2015) Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai dengan Menggunakan Tabel Perbandingan Berdasarkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MAYA OKTAVIANI 3115111157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pokok bahasan perbandingan merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Meskipun demikian, biasanya guru hanya memberikan rumus jadi berupa algoritma yang diselesaikan dengan aturan perkalian silang. Dengan demikian, pembelajaran tersebut kurang bermakna bagi siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika, menyatakan bahwa siswa merasa kesulitan dalam membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai. Selain itu, siswa terkadang salah dalam meletakkan angka saat akan menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan pecahan. Selanjutnya penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar siswa dapat mengembangkan pembelajaran perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel perbandingan berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tabel perbandingan yang digunakan dalam penelitian ini menampilkan perbandingan dengan jelas karena pengguna dapat menambah jumlah kolom maupun baris sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun dengan menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap persiapan penelitian, tahap kedua adalah tahap pelaksanaan desain penelitian, dan tahap ketiga adalah tahap analisis retrospektif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hipotesis Lintasan Belajar (HLB), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), lembar catatan lapangan, lembar wawancara, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas internal dan eksternal, sedangkan reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas internal dan eksternal. Selain itu, digunakan pula triangulasi untuk lebih memvalidkan data. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, aktivitas siswa dalam mengamati seragam anggota TNI AD, membuat kalung dan gelang dari manik-manik, membagi kelereng, menghitung waktu tempuh bus transJakarta, dan memberikan contoh dan bukan contoh melatih siswa untuk mengembangkan strategi belajarnya dan mengeksplor penggunaan tabel perbandingan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan. Penggunaan konteks yang sesuai pada setiap pertemuan, penggunaan model, proses matematisasi yang terjadi selama pembelajaran, serta peran aktif siswa dan guru di kelas yang sesuai dengan karakteristik PMRI dapat membimbing siswa dalam mengembangkan strategi siswa dalam konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si. ; 2). Puspita Sari, S.Pd, M.Sc.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 05:29
Last Modified: 30 May 2022 05:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29362

Actions (login required)

View Item View Item