ANALISIS STRUKTUR KOGNITIF SISWA SMA KELAS XI DENGAN METODE FREE WORD-ASSOCIATION DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

NORMA MUNINGSIH, . (2015) ANALISIS STRUKTUR KOGNITIF SISWA SMA KELAS XI DENGAN METODE FREE WORD-ASSOCIATION DALAM PEMBELAJARAN KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NORMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur kognitif siswa SMA kelas XI dengan metode free word-association dalam pembelajaran kimia pada materi larutan buffer. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/ 2015 dengan sampel sebanyak 37 siswa di SMA Negeri 89 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dalam interpretivism paradigm. Penelitian ini terfokus pada analisis struktur kognitif menggunakan metode free word-association dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Tahap persiapan dilakukan dengan analisis pendahuluan, analisis materi larutan buffer dan perencanaan. Tahap pelaksanaan meliputi pembelajaran di kelas, evaluasi pembelajaran melalui tugas free word-association, dan wawancara. Tahap akhir yaitu mengolah dan menganalisis data juga menarik kesimpulan dan saran berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan. Data diperoleh dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan tugas siswa melalui free word�association. Instrumen tes free word-association berisi kata stimulus yaitu “larutan buffer” untuk mengumpulkan informasi mengenai struktur konseptual siswa dalam materi larutan buffer. Hasil struktur kognitif siswa diperoleh berdasarkan free word-association siswa mengenai larutan buffer. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Ada 5 kategori dalam distribusi struktur kognitif melalui tes free word-association. Kategori tersebut antara lain definisi larutan buffer, sifat larutan buffer, pembuatan larutan buffer, menghitung pH larutan buffer dan sistem buffer pada sistem biologikal. 2) Kategori yang paling dominan berdasarkan hasil free word�association siswa yaitu kategori sifat larutan buffer. Kesimpulan yang diperoleh adalah siswa memiliki struktur kognitif yang paling banyak melalui belajar mengingat atau hafalan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurbaity, M.Si. ; 2). Dra. Sondang N.S, M.Pd.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 05:31
Last Modified: 30 May 2022 05:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item View Item