PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 216 JAKARTA

DIAN AYURIANTI, . (2016) PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 216 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
Skripsi Dian Ayurianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMPN 216 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016, semester dua bulan April di kelas VII.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji Fisher. Dan hasil perhitungan yang diperoleh Fhitung sebesar 2,17 dan Ftabel sebesar 2,41 dengan dk = 29 dan taraf signifikasi α = 0,01. Maka dapat disimpulkan Fhitung 2,17 < Ftabel 2,41. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki varians yang homogen.Didapatkan nilai rata-rata kemampuan meringkas teks eksplanasi pada prates kelas eksperimen adalah 58, sedangkan nilai rata-rata pada pascates adalah 89,16. Pada kelas kontrol prates siswa adalah 57,33, sedangkan rata-rata hasil pascates siswa adalah 72,53.Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan meringkas teks eksplanasi pada kelas kontrol masih rendah, sedangkan pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut tentunya disebabkan karena adanya perlakuan pada kelas eksperimen berupa metode cooperative script.Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh thitung sebesar 3,64 dan ttabel sebesar 2,002 pada dk = 58 dan taraf signifikasi α = 0,05. Maka dapat disimpulkan thitung 3,64 > ttabel 2,002. Jadi, dapat dinyatakan bahwa H0 diterima (ada pengaruh), artinya ada pengaruh metode cooperative script terhadap kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMPN 216 Jakarta.Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode pembelajaran cooperative script pada Kurikulum 2013, dalam kompetensi dasar menyusun teks eksposisi. Metode pembelajaran cooperative script membantu siswa untuk mempermudah menyusun teks eksposisi secara berkelompok sesuai dengan struktur teks dan ciri kebahasaan teks eksposisi. Dengan begitu, dapat lebih maksimal hasil teks eksposisi yang disusun dengan menggunakan metode cooperative script. Saran yang dapat diberikan adalah pada saat penerapan metode cooperative script, guru bertindak sebagai motivator, memonitor, dan menstimulus siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga siswa memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M.Pd., ; 2). Siti Ansoriyah, M.Pd.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 12:22
Last Modified: 22 Jan 2020 12:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item