SULISTYOWATI, . (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PARABOLIC MOTION TRACK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK PADA BIDANG KELAS XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover.pdf Download (97kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) |
|
Text
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PARABOLIC MOTION TRACK.150215.fixx.pdf Download (5MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
Abstract
Pengembangan alat peraga Parabolic Motion Track sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak pada bidang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan sebagai inovasi media pendukung pembelajaran fisika berupa alat peraga gerak pada bidang khususnya pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan metode development research, dengan langkah-langkah pengembangan: (1) melakukan analisis kebutuhan alat peraga Parabolic Motion Track yang akan dikembangkan, (2) pengembangan media awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan atau kelayakan, (5) desiminasi dan implementasi. Penelitian dan pengujian alat peraga dilakukan di Laboratorium Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta dan SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading. Adapun responden penelitian ini adalah responden ahli (expert review) dan responden uji lapangan (field test). Berdasarkan pengambilan data didapatkan hasil bahwa pada sudut elevasi 30o dan 60o jarak jangkauan maksimum hampir sama. Jarak jangkauan terjauh yaitu pada sudut elevasi 45o . Semakin besar kemiringan bidang ( ) maka Ymak yang terbentuk semakin kecil. Semakin besar tarikan pegas, maka semakin besar kecepatan bola/pelor. Dari penelitian yang dilakukan alat peraga diujicobakan kepada ahli media pembelajaran, ahli materi fisika, guru, serta tanggapan siswa terhadap alat peraga yang dibuat. Instrumen uji coba berupa angket rating scale dengan teknik analisis data yang digunakan menggunakan perhitungan skala Likert dengan pilihan skor 1-5. Diperoleh hasil uji validasi terhadap ahli media sebesar 83,5%, ahli materi sebesar 86%, guru fisika 86% dan hasil uji coba alat peraga terhadap siswa adalah sebesar 85% yang diinterpretasikan sangat baik. ********* Development of Parabolic Motion Track props as a medium of learning physics on the subject of the motion on the field has been carried out. This research was conducted as a media innovation physics learning support in the form of props motion on the field, especially in the parabolic motion of matter. This study uses research development, the development steps: (1) to analyze Parabolic Motion Track props that will be developed, (2) the development of early media, (3) expert validation and revision, (4) field testing or eligibility, (5) the dissemination and implementation. Research and testing the viewer tool has been done in Laboratory of Physics, Science Faculty, State University of Jakarta and Al-Azhar Kelapa Gading High School. The respondents of this study is the respondent expert (expert review) and field test respondents (field test). Based on data collection showed that the elevation angle of 30o and 60o maximum range of about the same distance. Farthest distance range is the elevation angle of 45 °. The greater the slope of the plane (α) then Ymak formed smaller. The greater the pull of the spring, the greater the speed of the ball / bullet. From research conducted props tested to study media expert, expert materials physics, teacher, and student responses to the props are made. Instrument testing a questionnaire rating scale with data analysis techniques used using a Likert scale calculations with a score of 1-5 options. Validation test results obtained on 83.5% of media experts, expert material by 86%, 86% and physics teacher test results props to students is at 85% which is interpreted very well.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Esmar Budi, M.T. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd.,M.Si. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2022 05:47 |
Last Modified: | 30 May 2022 05:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29374 |
Actions (login required)
View Item |