DAMPAK BURUK MEDIA SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS KESEHARIAN REMAJA DI RW 09 PEKAYON, PASAR REBO

LARAS RAHMAH PUTRI, . (2015) DAMPAK BURUK MEDIA SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS KESEHARIAN REMAJA DI RW 09 PEKAYON, PASAR REBO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dampak Buruk Media Sosial Terhadap Aktivitas Keseharian Remaja Di RW 09 Kelurahan Pekayon - Pasar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh media sosial yang tidak hanya memberikan dampak baik juga memberikan memberikan dampak buruk bagi remaja. Banyaknya hiburan yang ditawarkan melalui media sosial membuat remaja pada saat ini menjadi lebih fokus terhadap gadget yang dimilikinya dibanding belajar. Remaja menjadi malas untuk belajar dan menjadi acuh tak acuh dengan lingkungannya. Jika hal tersebut terus dibiarkan maka dapat berdampak pada menurunnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak buruk media sosial terhadap aktivitas keseharian remaja di Rw 09 Kelurahan Pekayon Pasar Rebo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan.. Penelitian ini dilakukan di Lingkungan Rw 09 Kelurahan Pekayon Pasar Rebo. Resonden dalam penulisan ini sebanyak 30 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang dimaksud dengan teknik tersebut adalah pengambilan sampel dipilih langsung berdasarkan tujuan dari penulis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup. Adapun analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisisnya adalah diambil dari prosentase dari dampak buruk media sosial yang sering dialami oleh responden sebesar 31% ada pada terganggunya kegiatan belajar. Ini dapat diartikan bahwa media sosial berdampak buruk bagi aktivitas belajar responden. Diperkuat dengan perolehan prosentasi pada hasil belajar yang menyebutkan 55% responden hasil belajarnya mengalami penurunan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dampak buruk media sosial mempengaruhi aktivitas belajar remaja di RW 09 Keluarahan Pekayon. Saran dari penelitian ini adalah bagi remaja sebaiknya remaja dapat mempergunakan waktunya dengan bermanfaat. Tidak ada larangan untuk mengakses media sosial hanya saja dalam mengakses media sosial ada baiknya jika tidak dilakukan secara terus menerus hingga mengesampingkan kegiatan lain seperti belajar dan beristirahat. *The research is base on social media which not only gives good impact but also bad impact for teenagers. The abundance of entertainment offered through social media makes teenagers at this time became more focus with their gadget. Teenagers become lazy to learn and become apathetic with their surroundings. If it continues to be left then it can have an impact on decreasing the learn results. The purpose of this research is to know the bad impact of social media in our daily activity against teenagers in Rw 06, Pekayon Village, Pasar Rebo. The method used in this research is descriptive analysis method with quantitative approach, ie research which is then processed and analyzed to take a conclusion. This research conducted in Rw 09, Pekayon Village, Pasar Rebo. Respondent in this research as many as 30 people. Samples taken by using purposive sampling technique, which is the technique of sampling directly elected on the basis of the objectives of the author.Data collected by using the questionnaire enclosed. The analysis of the data used is descriptive analysis . Results of the analysis are taken from the percentage of the adverse effects of social media that is often experienced by 31% of respondents there is the disruption of learning activities. This could mean that social media is bad for learning activities respondents. Strengthened with the acquisition of percentage on learning outcomes which 55 % of respondents said their study results decreased. The conclusion from this research is the bad impact of social media influence teens learning activities in RW 09, Pekayon Village. Suggestions from this research is for teenagers teens should be able to use the time usefully. There are no restrictions to accessing social media but preferably in accessing social media is not carried out continuously until put aside other activities such as studying and resting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elais Retnowati, M.Si ; 2). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 06:41
Last Modified: 30 May 2022 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29403

Actions (login required)

View Item View Item