PENGEMBANGAN MODUL FISIKA SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS X SMA

TRIA RAHMADANI, . (2015) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Tria Rahmadani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang disebar penulis di lingkungan SMA di Jakarta diketahui bahwa sebanyak 60% siswaberpendapat bahwa sumber belajar menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran, terutama pelajaran Fisika. Sumber belajar yang mereka gunakan ketika belajar dikelas hanyalah sebatas buku paket saja. Modul adalah salah satu solusi yang bisa digunakan oleh siswa untuk lebih mendalami materi, karena modul dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Metode penelitian pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil akumulasi skor penilaian uji validasi dari ahli materi, ahli media, guru, dan siswa juga menunjukkan bahwa modul ini mendapatkan skor penilaian sebesar 85%, dengan interpretasi sangat baik. Jadi, modul fisika suhu dan kalor dengan menggunakan pendekatan problem based learning untuk kelas X SMA yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran mandiri siswa. Based on the analysis of the needs of distributed authors in the high school in Jakarta is known that 60% of students found learning resources to be one of the factors that cause difficulties students in understanding the subject matter, especially physics. Learning resources that they use when studying in class was limited to textbooks alone. Module is one solution that can be used by students to further explore the material, because the module can be used independently by students. In this study used methods development research (research and development). Development of research methods used to produce a particular product and test the effectiveness of these products. The results of the validation test assessment scores accumulation of matter experts, media specialists, teachers, and students also showed that this module gain assessment scores by 85%, with a very good interpretation. So, module temperature physics and heat by using problem-based learning for class X SMA developed can be used as a self-learning support students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Dr. Iwan Sugihartono, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 06:45
Last Modified: 30 May 2022 06:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29407

Actions (login required)

View Item View Item