PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE STAD-TSTS PADA HASIL BELAJAR HIDROLISIS GARAM

USWATUN HASANAH, . (2015) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE STAD-TSTS PADA HASIL BELAJAR HIDROLISIS GARAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif dengan metode STAD-TSTS (Student Teams Achievement Division-Two Stay Two Stray) pada hasil belajar Hidrolisis Garam. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 36 Jakarta. Responden yang dijadikan sampel adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPA 4 yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan simple random sampling. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest. Sebelum dilakukan pembelajaran, diberikan pretest terlebih dahulu, kemudian setelah dilakukan pembelajaran, diberikan posttsest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil posttest kelompok eksperimen 80,18 dan kelompok kontrol 59,81. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = 8,186 dan ttabel = 1,994. Oleh karena thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar kelompok kontrol, sehingga terdapat pengaruh yang positif pada penerapan pembelajaran aktif dengan metode STAD-TSTS terhadap hasil belajar hidrolisis garam. Hasil tersebut didukung dengan softskill yang muncul pada siswa dalam pembelajaran sebesar 62,53%. Dengan demikian, keseimbangan baik hard skill maupun soft skill siswa dapat terlatih selama proses pembelajaran dan menjadi satu kesatuan yang mewujudkan hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A. Ridwan, M.Si. ; 2). Dra. Tritiyatma H, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 06:57
Last Modified: 30 May 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29413

Actions (login required)

View Item View Item