PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG AKTIF DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN PADUAN SUARA SMA NEGERI 39 JAKARTA TIMUR

NURFITRIANA HIDAYATIN ASSIDIQ, . (2015) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG AKTIF DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN PADUAN SUARA SMA NEGERI 39 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL NHA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar fisika antara siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler pramuka dengan paduan suara. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 39 Jakarta Timur pada Juni 2015. Sampel penelitian terdiri atas 15 orang siswa kelas XI MIA yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka (X1) dan 15 orang siswa kelas XI MIA yang mengikuti ekstrakurikuler paduan suara(X2). Metode penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler pramuka dan paduan suara yang berjumlah 26 butir pertanyaan serta nilai prestasi belajar fisika semester 1 tahun ajaran 2014-2015. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji Hipotesis dengan Uji t dengan kriteria Ho diterima jika -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 didapatkan hasil: Prestasi belajar fisika KI 3 X1 dan X2 adalah -1,701≤ -1,61 ≤ 1,701 maka Ho diterima ; Prestasi belajar fisika KI 4 X1 dan X2 adalah -1,701 ≤ -0,29 ≤ 1,701 maka Ho diterima ; Prestasi belajar fisika KI 1&2 X1 dan X2 pada taraf signifikansi 5% dan dk = n – 1 = 14 adalah -1,76 ≤ 0,49 ≤ 1,76 maka Ho diterima atau tidak terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler pramuka dengan siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler paduan suara. The purpose of this study was to compare the student achievement in physics between students who are active in scout extracurricular with the choir extracurricular. This research was held in SMAN 39 Jakarta Timur in June 2015. The research sample consisted of 15 students of class XI MIA who follow scout extracurricular (X1) and 15 students of class XI MIA who follow choir extracurricular (X2). The method used is the Ex Post Facto. The instrument used was a questionnaire of students who active in scout extracurricular and choir extracurricular, amounting to 26 the questions and scores of student achievement in physics first semester of school year 2014-2015. Prerequisite test using test of normality and homogeneity test. Hypothesis test with t test with criteria Ho accepted if -ttabel ≤ tcount ≤ ttabel at significance level of 5% with df = n1 + n2 - 2 RESULTS: Student achievement in physics KI 3 X1 and X2 are -1,701≤ -1.61 ≤ 1.701 then Ho is accepted; Student achievement in physics KI 4 X1 and X2 are ≤ 1.701 -1.701 -0.29 ≤ then Ho is accepted; Student achievement in physics KI 1 & 2 X1 and X2 at a significance level of 5% and df = n - 1 = 14 was -1.76 ≤ 0.49 ≤ 1.76 then Ho is accepted or there are no differences in student achievement in physics between students who are active in scout extracurricular with students who are active in choir extracurricular.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Betty Zelda Siahaan, M.M. ; 2). Drs. Cecep E.Rustana, P.hD.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 07:06
Last Modified: 30 May 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29417

Actions (login required)

View Item View Item