PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK TARI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TAMANSARI KABUPATEN BOGOR

Dilla Mutiary S P, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK TARI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TAMANSARI KABUPATEN BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar praktik tari kelas XI SMA Tamansari Bogor. Pembelajaran kooperatif yang pakai yaitu model pembelajaran jigsaw dan group investigasi. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Variabel bebas yaitu Model Pembelajaran Jigsaw ( ) dan Model Pembelajaran Group Investigasi ( ), variabel terikat adalah Hasil Belajar (Y). Pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling yang populasinya berjumlah 133 siswa dengan sampel 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk hasil belajar praktik tari hasil modifikasi sesuai hitungan adalah tes praktik. Uji prasyarat analisis data dilakukan uji Normalitas (uji Lieliefors) dan uji Homogenitas (uji Barlett), serta uji homogenitas (t-test). Hasil perhitungan uji liliefors diperoleh kedua lebih kecil dari (0,149 < dan < 0,171, artinya kedua data skor berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji Barlett diperoleh hasil diperoleh sebesar 3,84 ; maka (Ho diterima). T-test diperoleh sebesar 0,40 dan sebesar 32,63, maka > (Ho ditolak). Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar praktik tari yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran Group Investigasi. Hal ini terjadi karena pada pembelajaran Group Investigasi melakukan suatu penyelidikan yang memudahkan siswa dalam bereskplorasi gerak pada pembelajaran praktik tari hasil modifikasi sesuai hitungan. Sedangkan pada model pembelajaran Jigsaw terdapat kelompok ahli yang menuntut suatu keterampilan kooperatif sehingga membuat siswa kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran praktik tari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dinny Devi Triana, S.Sn., M.Pd. ; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn, M.Pd
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jan 2020 15:37
Last Modified: 22 Jan 2020 15:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item