PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN POLA PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) PADA POKOK BAHASAN ALAT - ALAT OPTIK DI SMA

WINDY WIDYARTI RAHAYU, . (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN POLA PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) PADA POKOK BAHASAN ALAT - ALAT OPTIK DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Windy Widyarti Rahayu_3215116250.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan melihat seberapa besar pengaruh penggunaan LKS dengan pola PBMP terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X SMAN 77 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk, 8) uji lapangan, 9) revisi produk akhir, 10) desiminasi dan implementasi. LKS fisika dengan pola PBMP telah melalui tahap uji validasi dengan presentase pencapaian sebesar 89,3% menurut ahli materi fisika, 83,75% menurut ahli media pembelajaran, dan 79% menurut guru fisika SMA. Selanjutnya setelah direvisi, LKS diujicobakan kepada siswa-siswa keals X MIA 3 SMA Negeri 77 Jakarta dan mendapat respon positif dengan persentase skor rata-rata sebesar 78,88%. Dapat disimpulkan bahwa LKS fisika yang dikembangakan dengan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) memenuhi kriteria media pendukung pembelajaran yang baik untuk siswa SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Vina Serevina, MM. ; 2). Dr. Iwan Sugihartono, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 07:10
Last Modified: 30 May 2022 07:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29422

Actions (login required)

View Item View Item