FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN MENGGUNAKAN KOSMETIKA PEMUTIH WAJAH ILEGAL

LUJENG HIDAYATI, . (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN MENGGUNAKAN KOSMETIKA PEMUTIH WAJAH ILEGAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI LUJENG HIDAYATI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan kosmetika pemutih wajah ilegal. Penelitian inin dilakukan di Kabupaten Bekasi, Tepatnya di Kecamatan Tambun Selatan (Desa Setia Mekar) dan Kecamatan Tambun Utara (Desa Satria Jaya). Waktu pelaksanaannya pada bulan Desember-Januari 2017. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner yang bersifat tertutup, kepada 40 responden, dengan jumlah pernyataan sebanyak 40. Setelah diuji coba diperoleh 29 pernyataan yang memenuhi validitas. Nilai valitidas rtabel adalah 0,707. Butir pernyataan dikatakan valid apabila rhitung > rtabel. Sedangkakan butir pernyataan dikatakan tidak valid apabila rhitung < rtabel. Setelah uji validitas, dilakukan uji realibilitas terhadap 29 butir pernyataan yang valid dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil realibilitas sangat tinggi yaitu r = 0,998 yang berarti instrument layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen menggunakan kosmetika pemutih wajah ilegal adalah faktor kebutuhan dengan persentase sebesar 36.5%, fator lingkungan sosial 28.5%, faktor harga 28.2%, dan faktor pengetahuan sebesar 6.8%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor kebutuhan, faktor lingkungan sosial, faktor harga,dan faktor pengetahuan sangat mempengaruhi perilaku konsumen sehingga konsumen menggunakan kosmetika pemutih wajah ilegal. This study aims to determine the factors that influence consumer behavior in using illegal face whitening cosmetics. This research conducted in Bekasi Distrct, Precisely in Sub-district of South Tambun (Setia Mekar Tambun village) and Subdistrict of North Tambun (Satria Jaya village) in December 2016 - January 2017. This research was conducted by distributing 40 items of statements closed questionnaires to 40 respondents, obtained 29 statements that meet the validity after tested. Value of rtable validity is 0.707. Point statements valid if rhitung > rtable. While point statements said invalid if rhitung < rtable. After the validity test, reliability test performed on the 29 points valid statements by using Alpha Cronbach formula. Results of reliability were very high r=0.998, which means instrument fit for use as a measuring tool of research. The result of the study showed that the factors affecting consumers’ behavior using illegal whitening facial cosmetic was factor of needs with a percentage of 36.5%, social environment factor 28.5%, factor of price 28.2%, and factor of knowledge 6.8%. Thus it can be concluded that the factor of needs, social environmental factors, the price factor, and knowledge factors strongly influence consumer behavior so that consumers using illegal facial whitening cosmetics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Titin Supiyani, M.Pd 2) Dr. Dwi Atmanto, M.si.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 May 2022 07:38
Last Modified: 30 May 2022 07:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29449

Actions (login required)

View Item View Item