MINAT BERWIRAUSAHA PRODUKSI AKSESORIS

LARAS SWANIDA, . (2017) MINAT BERWIRAUSAHA PRODUKSI AKSESORIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi laras.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat alumni Pendidikan Tata Busana yang menyelesaikan tugas akhir dengan membuat aksesoris dari limbah berbentuk kalung dan gelang untuk berwirausaha produk aksesoris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Minat alumni berwirausaha produksi aksesoris dapat dilihat dari unsur-unsur minat yaitu (keinginan, perasaan senang dan perhatian), ciri-ciri seorang wirausaha yaitu (percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, memiliki jiwa pemimpin, orisinilitas, berorientasi kemasa depan), dan faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha (ekspetasi pendapatan, lingkungan keluarga dan masyarakat, pendidikan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan sudah memiliki minat berwirausaha produksi aksesoris sejak pembutan aksesoris saat mengambil mata kuliah desain aksesoris minat tersebut meningkat setelah menyelesaikan tugas akhir dengan membuat aksesoris dari limbah. Minat mahasiswa berwirausaha dapat dilihat dari perhatian, perasaan senang dan keinginan berwirausaha produksi aksesoris, serta dipengaruhi oleh pengetahuan ekspetasi pendapatan profesi wirausaha, dukungan lingkungan kelurga daan masyarakat serta pendidikan yang telah alumni miliki. Namun minat yang dimiliki informan belum cukup tinggi untuk memulai berwirausaha produksi aksesoris. Hal tersebut dikarenakan informan belum memiliki karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausaha diantaranya ( kurangnya rasa percaya diri, belum berani mengambil resiko, belum pernah menjadi pemimpin, belum berorientasi tugas dan hasil dan kurangnya orisinilitas pada alumni). This study aims to determine the interest of alumni Education Dress Fashion who completed the final project making accessories from waste-shaped necklaces and bracelets Entrepreneurial accessories products. This research is descriptive research with qualitative approach. Technique of collecting data by interview, observation and documentation. Alumni entrepreneurial accessories production can be seen from elements of interest that is (desire, feelings of pleasure and attention), The characteristics of an entrepreneur (self-confident, task-oriented and outcome, risk-taking, leaderminded, orisinilitas, future-oriented) and factors affecting entrepreneurial interest (income expectations, family and community environment, education). The results showed that informants already have interest in entrepreneurship accessories production while taking the accessories design course such interest increases after completing the final task by making accessories out of waste. Interest in entrepreneurship students can be seen from the attention, feelings of pleasure and desire entrepreneurial accessories production, And influenced by knowledge of income expectation of entrepreneurial profession, support the family and community environment, as well as the education that alumni have. However, the informant's interest has not been high enough to start entrepreneurial accessories production. This is because informants do not have the characteristics that must be owned by an entrepreneur such as (lack of confidence, not dare to take risks, has never been a leader, has not been task-oriented and results and lack of originality on alumni).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dewi Suliyanthini, AT, MM 2) Dra. Harsuyanti RL. M. HUM
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 May 2022 09:43
Last Modified: 30 May 2022 09:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29473

Actions (login required)

View Item View Item