EFEKTIFITAS MODEL LATIHAN FLEXIBAR DAN MODEL LATIHAN LATERAL DUMBBELL RAISES TERHADAP TINGKAT TREMOR LENGAN SISWA SEKOLAH MENEMBAK PB PERBAKIN

IRFAN ABDURROUF, . (2014) EFEKTIFITAS MODEL LATIHAN FLEXIBAR DAN MODEL LATIHAN LATERAL DUMBBELL RAISES TERHADAP TINGKAT TREMOR LENGAN SISWA SEKOLAH MENEMBAK PB PERBAKIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI IRFAN ABDURROUF.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua model latihan mana yang lebih efektif antara latihan Flexibar dan model latihan Lateral Dumbbell Raises terhadap tingkat tremor lengan Siswa sekolah menembak PB PERBAKIN. Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta. Penelitian ini dimulai dari bulan April 2014 sampai bulan Mei 2014, dan jadwal latihan hari Senin pukul 16.00 WIB, hari Rabu pukul 16.00 WIB dan hari Jumat pukul 15.00 WIB. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jumlah populasi sebayak 45 orang dan diambil 12 orang sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling dari seluruh populasi Siswa Sekolah Menembak PB PERBAKIN. Kemudian dari hasil tes awal dibagi dan didapat 6 orang untuk model latihan flexibar dan 6 orang untuk model latihan lateral dumbbell raises. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis Uji-t pada taraf signifikansi α = 5%. Data yang telah terkumpul digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t. Dari hasil hipotesis 1,2 dan 3 yang menggunakan statistik Uji-t dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Model latihan flexibar terjadi peningkatan yang signifikan terhadap tingkat tremor lengan Siswa Sekolah Menembak PB PERBAKIN, dengan nilai thitung > ttabel: (4,64 ˃ 2,57). (2) Model latihan lateral dumbbell raises terjadi peningkatan yang signifikan terhadap tingkat tremor lengan Siswa Sekolah Menembak PB PERBAKIN, dengan nilai thitung > ttabel : (5,90 > 2,57 ). (3) Terdapat perbedaan dari ii peningkatan hasil model latihan flexibar dibandingkan model latihan lateral dumbbell raises namun tidak signifikan karna nilai thitung < ttabel : (1,49 < 2,22). Berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir dari kedua model latihan tersebut, model latihan flexibar dan model latihan lateral dumbbell raises terbukti efektif dalam peningkatan tremor lengan pada Siswa Sekolah Menembak PB PERBAKIN.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Iwan Hermawan, M.Pd 2) Rina Ambar Dewanti, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 May 2022 18:55
Last Modified: 30 May 2022 18:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29481

Actions (login required)

View Item View Item