HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN PANJANG LENGAN DENGAN KEMAMPUAN MENDAYUNG KAYAK PADA ANGGOTA KLUB DAYUNG KEPULAUAN SERIBU

IRFAN FAUZAN HAKIM, . (2016) HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN PANJANG LENGAN DENGAN KEMAMPUAN MENDAYUNG KAYAK PADA ANGGOTA KLUB DAYUNG KEPULAUAN SERIBU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi IRFAN.pdf

Download (22MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP IRFAN.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan (X1) dan (2) panjang lengan (X2) (3) terhadap kemampuan mendayung kayak pada klub dayung kepulauan seribu (Y). Penelitian ini dilaksanakan di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada bulan Juni 2016. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 11 Juni 2016. Menggunakan metode deskriptif dilakukan dengan teknik studi korelasional, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 atlet. Tes ini menggunakan instrumen tes push and pull dynamo meter , meteran dan dengan analisis penilaian kemampuan mendayung kayak. Dari hasil analisa data menunjukan bahwa (1) terdapat kontribusi yang berarti antara kekuatan otot lengan (X1) terhadap kemampuan mendayung (Y) dari uji keberartian koefisien korelasi diatas terlihat bahwa thitung = 4,85 lebih besar dari ttabel= 1,73 berarti koefisien korelasi ry1 = 0,753 adalah berarti, dengan demikian hipotesis menyatakan terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan terhadapkemampuan mendayung. Hubungan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan mendayung didukung oleh data penelitian. Koefisien determinasi keseimbangan dinamis terhadap hasil (ry1 2 )= 0,566 yang berarti memiliki hubungan sebesar 56,6% dipengaruhi oleh kekuatan otot lengan (X1). (2) terdapat kontribusi yang berarti antara panjang lengan (X2) terhadap kemampuan mendayung (Y) uji keberartian koefisien korelasi diatas terlihat bahwa thitung =3,55 lebih besar dari ttabel= 1,75 berarti koefisien korelasi ry2= 0,642 adalah berarti. Dengan demikian hipotesis menyatakan terdapat hubungan antara panjang lengan terhadap kemamapuan mendayung didukung oleh data penelitia. Koefisien ii determinasi panjang lengan terhadap hasil (ry2 2 )= 0,412 yang berarti memiliki hubungan sebesar 41,2% dipengaruhi oleh panjang lengan (X2). (3) terdapat kontribusi yang berarti antara kekuatan otot lengan (X1) dan panjang lengan (X2) terhadap kemampuan mendayung kayak (Y), uji keberartian koefisien korelasi diatas terlihat bahwa thitung= 17,455 lebih besar dari ttabel= 4,45 berarti koefisien tersebut Ry1-2 = 0,820 yang berarti.koefisien determinasi (Ry1-2) 2 = 0,673 memiliki hubungan yang berarti sebesar 67,3% hasil terhadap kemampuan mendayung kayak dipengaruhi oleh kekuatan otot lengan dan panjang lengan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Yansens H. Jutalo, M.Pd 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 May 2022 18:59
Last Modified: 30 May 2022 18:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29482

Actions (login required)

View Item View Item