PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP NILAI�NILAI KEPEMIMPINAN DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMAN 104 JAKARTA

ISKANDAR ZULKARNAEN, . (2016) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP NILAI�NILAI KEPEMIMPINAN DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMAN 104 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ISKANDAR ZULKARNAEN_6815116536.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap nilai-nilai kepemimpinan dalam kegiatan kepramukaan di SMA Negeri 104 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 104 Jakarta. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember-Januari 2016 semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperiment dengan ‘’One Group Pre Test- Post Test Design’’. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan pramuka yang bejumlah 30 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 30 orang atau seluruh jumlah populasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk mengetahui data tes awal sebelum penelitian dan tes akhir setelah penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Statistik uji-t dengan menghitung nilai t-hitung dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian perhitungan perbandingan tes awal dan tes akhir diperoleh koefisien korelasi (rxy) 0,893, dengan standar deviasi perbedaan mean (SDDm) 0,667. Dalam perhitungan selanjutnya diperoleh t-hitung sebesar 25,673 dan nilai t-tabel 2,045 pada derajat (n-1). Dengan t-hitung > t-tabel yang menunjukan hipotesis nilai nihil (HO) ditolak dan hipotesis alternative (HI) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional mempunyai pengaruh terhadap nilai-nilai kepemimpinan anggota pramuka SMA Negeri 104 Jakarta. The research aims to examine the influence of traditional games on leadership values in scouting activity at SMAN 104 JAKARTA. The research took place at SMA Negeri 104 Jakarta. The research was held on December 2015 until January 2016 in odd semester, school year of 2015/2016. The method used in this research is pre experimental research with ‘’One Group Pre Test- Post Test Design’’. The population in this research is the students that joined scouting activity which amounts to 30 students. The total sample used in this research is 30 students or entire population. The research instruments are questionnaires to find out the data of pretest before the research and posttest after the research. The data analysis in this research using t-test statistics to calculate the value to count compared with t-table at significant level of 0.05. Calculation of this comparative research results of pretest and posttest correlation coefficient (rxy) 0.893, with a standard deviation of the mean difference (SDDm) 0.667 . In a subsequent calculations obtained t-count of 25.673 and 2.045 t-table value in degrees (n - 1) . With t-count > t-table that shows the value null hypothesis (HO) is rejected and the alternative hypothesis (HI) is accepted, so it can be concluded that traditional games have influence on leadership values in scouting activity at SMAN 104 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hartman Nugraha, M. Pd 2) Boyke Adam Hatena Manopo, M. Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 May 2022 20:08
Last Modified: 30 May 2022 20:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29485

Actions (login required)

View Item View Item