IMPLIKASI PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI

OKTAVIA INTAN, . (2015) IMPLIKASI PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi-Oktavia Intan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Artike-OKTAVIA INTANl.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi yang muncul pada siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan pendekatan Socio- critical dan Problem-oriented pada materi reaksi oksidasi dan reduksi. Pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented yaitu mendekatkan isu-isu sosial melalui pembelajaran kimia, khususnya pada materi reaksi redoks. Isu-isu yang diberikan dapat melalui video maupun artikel. Penelitian dilaksanakan di SMAN 107 Jakarta pada bulan Januari 2015 hingga Febuari 2015 semester genap. Metode yang digunakan adalah interpretive research dengan menggunakan paradigma penelitian interpretivism paradigm yaitu informasi mendalam berdasarkan sudut pandang subjek yang menjalankan pengalaman kehidupan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi yang muncul melalui pembelajaran kimia menggunakan pendekatan Socio-critical dan Problem- oriented pada materi redoks yaitu mendorong siswa untuk bekerja sama, memunculkan empati komunikasi siswa, mendorong siswa untuk berpikir kritis, menyadarkan siswa akan refleksi isu-isu sosial, meningkatkan kepercayaan diri siswa, mendorong siswa untuk aktif di kelas, dan memicu keantusiasan siswa untuk mengikuti pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agung Purwanto, M.Si. ; 2). Riskiono Slamet, M.Sc., Ph.D.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 05:52
Last Modified: 31 May 2022 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29486

Actions (login required)

View Item View Item