PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN DISCOVERY INQUIRY DI SMA

PENI RAHMAWATI, . (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN DISCOVERY INQUIRY DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Peni Rahmawati.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan Discovery Inquiry. Model pembelajaran kooperatif terdapat komponen yaitu explanation, learning in group, and evaluation. Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning) merupakan model pembelajaran melalui kelompok kecil siswa yang saling bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan cara membagi 2 kelas menjadi kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dari kelas X SMA Matematika dan Ilmu Alam. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2015 di SMA Negeri 3 Bekasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menggunakan pengujian dengan uji statistik uji “t” dan uji Tuckey untuk dapat melihat perbandingannya. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 2,68 ternyata lebih besar daripada ttabel untuk n = 40 dan pada taraf signifikansi 5% adalah 1,66. Dan untuk nilai hitung uji Tuckey (Qhitung) diperoleh sebesar 3,86 pada taraf signifikansi 5% dan Qtabel 2,86. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan Discovery Inquiry. The purpose of this research is to know the compare the results of learning physics students using of cooperative learning model Snowball Throwing with Discovery Inquiry. Cooperative learning model there are components explanation, learning in group and evaluation. Cooperative Learning is a learning model through a small group of students that work together to maximize the learning conditions for achieving learning goals. The research method is used Quasi Experiment by dividing 2 class into experiment class 1 and class 2 of class X SMA Mathematics and Sciences. The research was conducted in February-April 2015 at SMAN 3 Bekasi. Data collection techniques using research instrument in the form of a multiple choice test of 30 questions with five possible answers. The results using statistical test "t" test and Tuckey test to be able to see the comparison. Based on the calculation, tvalue of 2.68 was higher than the ttable for n = 40 and at the 5% significance level was 1.66. And for the calculated value Tuckey test (Qcount) obtained 3.86 at 5% significance level Qtable was 2.86. It can be concluded that the learning outcomes of physics students who use cooperative learning model Snowball Throwing higher than that using the Discovery Inquiry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Vina Serevina, M.M. ; 2). Drs. Anggara Budi Susila, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 05:54
Last Modified: 31 May 2022 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29487

Actions (login required)

View Item View Item