PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION, DISCUSS, EXPLAIN, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN (PDEODE) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

RADEN RAISA WULANDARI, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION, DISCUSS, EXPLAIN, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN (PDEODE) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_RADEN RAISA WULANDARI_3215111245 (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Prediction, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (PDEODE) terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa SMA. Model pembelajaran PDEODE merupakan model pembelajaran bersiklus yang terdiri dari enam tahapan yaitu tahap prediksi I, diskusi I, presentasi I, observasi, diskusi II, dan presentasi II. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini dilakukan di SMAN 107 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu, kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian dilakukan dalam pembelajaran konsep fluida statis. Instrumen hasil belajar yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan analisis data dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis dan uji-t (uji hipotesis) dengan taraf signifikansi 5% dan , didapatkan harga dan , sehingga hipotesis ho ditolak dan hipotesis ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara model pembelajaran PDEODE terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Siswoyo, M.Pd. ; 2). Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 06:17
Last Modified: 31 May 2022 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29511

Actions (login required)

View Item View Item