MENUMBUHKAN DAYA APRESIASI TENTANG LAGU ANAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK SISWA KELAS III SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

LOISA FENETIRUMA, . (2015) MENUMBUHKAN DAYA APRESIASI TENTANG LAGU ANAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK SISWA KELAS III SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_LOISA FENETIRUMA_1815118489.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan data secara empiris tentang sejauh mana menumbuhkan daya apresiasi tentang lagu anak di kelas lll menggunakan media audio visual pembelajaran seni musik. Peneliti dilakukan di SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan, dengan subjek siswa kelas lll dan jumlah siswa. adalah 17 orang pada semester ll Tahun ajaran 2015 metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas, penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pemantauan aktifitas guru dan siswa, instrumen hasil isisian angket mengenai apresiasi musik terhadap lagu anak dan pembelajaran dalam bentuk foto. Berdasarkan data hasilanggket yang disebarkan `kepada siswa dan aktivitas siswa menunjukkan bahwa hasil apresiasi siswa siklus l yang mencapai rata-rata 62,425%, siklus ll sebesar 72.5 % dan siklus l dari jumlah siswa. Data ini menunjukkan presentase jumlah siswa yang memperoleh rata-rata naik 67% Adapun aktivitas siswa siklus l sebesar 61.41%, siklus ll sebesar16.98% dan siklus l naik sebesar 62,5% aktivitas siswa selama proses belajar mengajar naik sebesar 81,5% artinya mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian adalah bahwa pembelajaran musik melalui media audio visual dapat menumbuhkan apresiasi tentang lagu anak. ********* *Purpose of this study is to investigate and find empirical data on the extent to which foster appreciation of the power of song children in class III using audio-visual media of learning the art of music. Researchers conducted in Pasar Manggis SDN 03 Pagi Setiabudi, South Jakarta, with the subject lll class students and the number of students. is 17 in semester II 2015 school year research method used is action research, research carried out by two cycles and each cycle consisting of two meetings. Each cycle consists of a plan of action, observation and reflection. Data collected by using a sheet of monitoring the activities of teachers and students, the instrument isisian questionnaire results regarding the appreciation of the music of the song and the children learning in the form of photographs. Based on data `hasilanggket distributed to students and student activity shows that the results of students' appreciation l cycle which reached an average of 62.425%, amounting to 72.5% ll cycle and cycle l of the number of students. This data shows the percentage number of students who earn an average of up 67% The student activity amounted to 61.41% l cycle, cycle and cycle II sebesar16.98% l rose by 62.5% activity of students during the learning process rose by 81.5% means increased. Based on the results of the study is that learning music through audio-visual media can raise awareness and appreciation of children's songs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajad Sudrajad, S.Pd.,M.Pd. 2). Dra. Windhiyanti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 06:23
Last Modified: 31 May 2022 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29519

Actions (login required)

View Item View Item