PENGEMBANGAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK PADA MATERI STOIKIOMETRI

RAHMI JUWITA, . (2015) PENGEMBANGAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK PADA MATERI STOIKIOMETRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Rahmi Juwita 3315115782.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru dengan menggunakan Content Representation (CoRe) framework pada materi stoikiometri. Pengembangan PCK calon guru dapat dilakukan dengan melakukan wawancara mengenai CoRe framework guru, dalam penelitian ini peneliti melibatkan 3 orang guru sebagai narasumber. CoRe framework berisi 8 pertanyaan berkaitan dengan topik-topik penting yang diajarkan pada materi stoikiometri. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari hingga Mei 2015 di kelas X MIA 2, SMAN 71 Jakarta. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretive research dan menggunakan interpretivism paradigm sebagai paradigma penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengembangan PCK peneliti sebagai calon guru dengan adanya peningkatan nilai calon guru dari 16 menjadi 19 pada rubrik penilaian PCK. Pengembangan ini dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di kelas, melakukan observasi ketika guru mengajar, berdiskusi dengan guru, menulis reflektif jurnal, meminta siswa menuliskan reflektif jurnal, dan membuat CoRe framework setelah mendapatkan pengalaman mengajar materi stoikiometri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Erdawati, M.Sc. ; 2). Drs. Darsef, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 06:28
Last Modified: 31 May 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29521

Actions (login required)

View Item View Item