RANA MARZUQAH, . (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP ANTARA YANG DIAJAR DENGAN METODE EKSPERIMEN NYATA DAN METODE EKSPERIMEN VIRTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Awal.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (253kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (201kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (676kB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (487kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (6kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa SMP antara yang diajar dengan metode eksperimen nyata dan metode eksperimen virtual. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 20 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 selama bulan Mei – Juni tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, kemudian dipilih dua kelas sebagai sampel menggunakan teknik penyampelan kemudahan. Dengan menggunakan rancangan kelompok komparatif prates-pascates kelompok nonekuivalen dan uji t untuk sampel independen, hasilnya menunjukkan bahwa siswa (N = 40) yang diajar dengan metode eksperimen nyata memperoleh nilai rata-rata pascates yang tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan siswa (N = 40) yang diajar dengan metode eksperimen virtual, t(78) = 1,65, p = 0,05. Kesimpulannya ialah tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan metode eksperimen nyata dan siswa yang diajar dengan metode eksperimen virtual. ********** The purpose of this study was to investigate the comparison of physics learning outcome between junior high school students who were instructed using real laboratory method and virtual laboratory method. This study was conducted in the State Islamic School 20 of Jakarta in the second semester of the academic year 2013/2014 during May – June 2014. The population for this study was the entire of 8th-grade students and then it was selected two classes as the samples using convenience sampling technique. Using a nonequivalent group pretest- posttest comparative group design and a t test for independent samples, it was found that the students (N = 40) who were instructed using real laboratory method achieved average score on posttest that no different than did the students (N = 40) who were instructed using virtual laboratory method, t(78) = 1,65, p = 0,05. It was concluded that there is no difference on physics learning outcome between students who were instructed using real laboratory method and students who were instructed using virtual laboratory method
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Siswoyo, M.Pd. ; 2). Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2022 06:57 |
Last Modified: | 31 May 2022 06:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29532 |
Actions (login required)
View Item |