Pengembangan Modul Fisika Alat Optik Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Kelas X SMA

RATNA EKA SAYEKTI, . (2015) Pengembangan Modul Fisika Alat Optik Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Kelas X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
daftar isi 17-20.pdf

Download (263kB)
[img] Text
skripsi Ratna Eka Sayekti 3215106716_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran yang hanya menggunakan komunikasi satu arah dapat mengurangi kreatifitas siswa dalam mengkonstruk pengetahuan dalam dirinya. Siswa cenderung malas untuk mencari informasi dari luar atau dari berbagai sumber referensi. Hal ini bisa mempengaruhi pada kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap materi yang diajarkan. Modul pembelajaran Fisika berbasis Project Based Learning berdasarkan kurikulum 2013 membantu siswa menjadi lebih aktif di dalam kelas dengan mengeksplor diri terhadap proyek yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Modul diuji oleh dosen ahli materi dan media untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektivitasannya untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri di sekolah berdasarkan silabus kurikulum 2013. Hasilnya diolah dengan menggunakan teknik analisa data skala likert. Hasil persentase komponen materi sebesar 86% dalam kategori “sangat baik”, komponen media 83% dalam kategori “sangat baik” dan uji lapangan 83% dalam kategori “sangat baik” dapat diambil kesimpulan bahwa modul fisika alat optik project based learning telah memenuhi syarat dan layak sebagai sumber alternatif bahan ajar mandiri siswa SMA kelas X pada materi alat optik. ********* Learning that only uses one-way communication can reduce students' creativity in constructing knowledge for them. Students tend to be reluctant to seek information from the outside or from a variety of sources of reference. It could affect the students' lack of understanding of the concept of the material being taught. Physics-based learning modules Project Based Learning based curriculum 2013 can help the students become more active in the classroom by exploring themselves in projects that related to learning materials. The method which is used in this study is a research and development (research and development). The module was tested by expert lecturers of materials and media to determine the feasibility and keefektivitasannya to be used as a self- teaching materials in school based on the curriculum 2013 syllabus. The results were processed using a Likert scale data analysis. The percentage result of material component is 86% “very good” category, media component is 83% has “very good” categoryand field test is 83% in the “very good”. So it can be concluded that the physic modul of optical devices based on project based learning are qualified and feasible as an alternative source of self-teaching materials at the tenth grade students in material of optical devices.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Dr. Iwan Sugihartono, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 07:07
Last Modified: 24 Aug 2022 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29542

Actions (login required)

View Item View Item